Beranda Pengetahuan Yuk Kenalan dengan Perusahaan Keuangan di Indonesia Berikut Ini

Yuk Kenalan dengan Perusahaan Keuangan di Indonesia Berikut Ini

Perusahaan Keuangan Indonesia
Ilustrasi Perusahaan Keuangan

Ada banyak perusahaan keuangan di Indonesia. Secara umum perusahaan-perusahaan keuangan ini dibagi menjadi beberapa sub sektor. Mulai dari sektor bank, lembaga pembiayaan, perusahan efek, asuransi serta sektor-sektor lain.

Setiap sektor memiliki daftar perusahaan keuangannya sendiri. Mungkin banyak yang penasaran sebenarnya ada perusahaan keuangan apa saja di Indonesia. Terkait hal itu akan dijelaskan lebih lanjut profil singkatnya melalui ulasan di bawah ini.

Daftar Perusahaan Keuangan di Indonesia

Ada beberapa perusahaan keuangan yang akan dibahas di sini. Beberapa mungkin terasa familiar, namun ada beberapa juga yang bisa jadi cukup asing didengar. Inilah beberapa perusahaan tersebut.

1.   Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

Bank Rakyat Indonesia atau lebih dikenal sebagai BRI merupakan salah satu perusahaan milik pemerintah yang hadir di dunia keuangan. Berdiri sejak tahun 1895 tepatnya pada tanggal 16 Desember, bank yang satu ini sudah memiliki perkembangan yang cukup signifikan.

Perubahan terjadi pada tahun 1992. Dimana saat itu status BRI kemudian mengalami perubahan, yakni menjadi perseroan terbatas. Pada saat itu saham BRI masih 100% berada di tangan pemeritah. Hingga kemudian pada tahun 2003 sebesar 30% dari saham BRI tersebut diputuskan untuk dijual kepada publik. Hal ini yang membuatnya menjadi perusahaan publik.

2.   BFI Finance Indonesia Tbk

Jika tadi sudah banyak dibahas mengenai perusahaan keuangan dari sub sektor bank, kali ini akan dibahas perusahaan keuangan dari sub sektor pembiayaan. Profil perusahaan yang akan diulas adalah BFI Finance Indonesia Tbk.

Sebenarnya perusahaan ini hadir sejak tahun 1982 namun dengan nama yang berbeda. Pada tahun 2001 kemudian perusahaan ini berganti nama dan menggunakan nama PT BFI Finance Indonesia Tbk hingga saat ini.

Untuk kegiatan pembiayaan dari BFI terdiri atas banyak hal. Mulai dari pembiayaan akan kendaraan bermotor, mesin, hingga rumah. Bahkan pembiayaan juga dapat dilakukan untuk pengadaan barang dan jasa.

3.   Arthavest Tbk

Ini adalah salah satu perusahaan keuangan di Indonesia yang bergerak di sub sektor bidang perusahaan efek. Perusahaan ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Pasalnya ia mulai hadir sejak tahun 1992. Sampai kemudian ia berkembang menjadi salah satu perusahaan terkemuka yang bergerak di bidang sub sektor perusahaan efek. Ia di klaim memiliki standar yang tidak diragukan lagi serta memiliki jaringan internasional yang tersebar hingga ke seluruh penjuru dunia.

4.   Asuransi Ramayana Tbk

Sekarang pembahasan berlanjut pada perusahaan keuangan di bidang sub sektor asuransi. Perusahaan yang akan dibahas di sini adalah Asuransi Ramayana Tbk. Kiprah Ramayana di dunia asuransi sudah dikatakan matang.

Perusahaan ini berkembang cukup pesat di Indonesia. Bahkan untuk saat ini jumlah cabang yangd dimiliki sebanyak 28 cabang di seluruh Indonesia. Selain itu ia juga menampung hingga kurang lebih 600 karyawan hingga saat ini.

5.   Lippo General Insurance Tbk

Perusahaan yang satu ini sebenarnya telah berdiri sejak cukup lama. Selama perjalanannya ia sempat mengalami beberapa kali ganti nama.

Untuk sekarang perkembangan Lippo General Insurance ini dapat dikatakan cukup pesat. Pasalnya ia mampu mendapat berbagai penghargaan yang tentunya akan menambah nilai plus dari perusahaan keuangan yang satu ini.

Itulah beberapa perusahaan keuangan di Indonesia. Selain itu masih ada banyak lagi perusahaan yang hadir di bidang keuangan di Indonesia.