Beranda Pengetahuan Tujuh Cara Aneh Menghilangkan Stres Ini Terbukti Efektif

Tujuh Cara Aneh Menghilangkan Stres Ini Terbukti Efektif

0
Menghilangkanstres
Melawan stres dengan tertawa palsu

Ada begitu banyak cara alami untuk mengatasi stress tanpa menggunakan pengaruh obat-obatan. Beberapa yang paling umum termasuk berjalan cepat, meremas bola stres, bernapas perlahan dan dalam, serta menulis di jurnal harian.

Tapi tahukah Anda bahwa ada juga beberapa tips yang benar-benar efektif mengatasi dan menghilangkan stress meski terdengar aneh. Apa saja itu? Simak berikut ulasannya:

1. Tersenyum palsu

Senyum palsu memang mudah sekali orang tebak, tapi untungnya, otak kita meresponnya dengan cara lain. Baik senyum asli atau tidak, materi abu-abu di otak hanya melihat senyuman dalam satu cara, berarti orang itu bahagia. Ini adalah alasan utama mengapa memaksa diri untuk tersenyum ketika merasa stres dapat berdampak positif bagi pikiran dan tubuh kita.

2. Mengamati Fraktal

Fraktal memiliki pola yang berulang dalam skala yang lebih kecil dan semakin kecil. Ada fraktal di mana-mana, dari alam hingga ke desain arsitektur. Para ahli mengatakan bahwa melihat fraktal selama 20 menit sehari dapat membantu menghilangkan stres. Jadi, setiap kali Anda merasa cemas dan pikiran tidak tenang, berhentilah sejenak dan kagumi keindahan fraktal yang nampak aneh untuk menenangkan diri.

3. Berendam dalam Bir

Minum bir dapat membuat mabuk dan itulah sebabnya membuat orang sejenak melupakan segala sesuatu yang membuat stres. Tetapi tahukah Anda , jika berendam dalam bir sebenarnya juga dapat membantu mengatasi stres?. Menurut para pendukung, bir menenangkan sistem saraf dan mengurangi stres. Tidak heran jika saat ini ada banyak spa menawarkan pemandian dengan bir.

4. Laksanakan pekerjaan rumah tangga

Melakukan beberapa pekerjaan rumah tangga, awalnya, mungkin terdengar hanya akan menambah beban stres. Namun, melakukan aktivitas yang mengharuskan kita melakukan gerakan tertentu berulang kali sebenarnya dapat membantu menenangkan pikiran. Para ahli percaya bahwa mencuci piring, menyeterika pakaian, dan pekerjaan rumah tangga lain yang serupa akan membuat seseorang dalam kondisi trance yang akan melenyapkan beban stress di pikiran.

5. Mengunyah permen karet

Setiap kali merasakan tekanan menumpuk di dalam otak, ambil sebatang permen karet, masukkan ke mulut dan kunyah. Menurut sebuah penelitian, peserta yang mengunyah permen karet mengalami pengurangan tingkat stres dan cemas serta lebih waspada dan produktif daripada mereka yang tidak.

6. Mengenakan karet gelang

Menggunakan karet gelang sebagai aksesoris mungkin terlihat aneh bagi kebanyakan orang, tetapi ini justru dapat membantu mengurangi stres di pikiran. Setiap kali merasa stres, yang harus Anda lakukan adalah memasang gelang karet iketat di tangan. Hal ini secara bertahap akan menyebabkan pikiran mengaitkan stres dengan rasa sakit. Sehingga pada saatnya, Anda akan mampu melepaskan stres karena tahu rasanya tidak menyenangkan. Jadi ini bisa dikatakan seperti melakukan teknik placebo pada diri sendiri.

7. Paksa diri untuk tertawa terbahak-bahak

Sama seperti memalsukan senyum palsu, berpura-pura tertawa riang juga dapat membantu melawan stres. Tertawa menyebabkan tubuh melepaskan lebih banyak endorfin. Manfaatnya baik karena endorfin melawan hormon stres kortisol, membuat seseorang merasa bahagia dan menghilangkan rasa sakit secara alami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here