Beranda Kesehatan Tiga Cara Tak Biasa untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tiga Cara Tak Biasa untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

0

Menurut otoritas kesehatan, tekanan darah tinggi dianggap sebagai salah satu faktor risiko penyakit jantung yang merupakan penyebab kematian nomor satu di seluruh muka bumi.

Menurunkan tekanan darah tinggi
Menurunkan tekanan darah tinggi

Jadi menjaga tekanan darah agar tetap normal merupakan salah satu langkah penting untuk mempertahankan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Karena jika yang berhubungan dengan bermasalah, maka sistem organ lain dalam tubuh juga akan ikut bermasalah.

Tekanan darah yang normal berkisar antara 120/80 mmHG dan jika melewati itu, maka kita akan mengalami yang namanya hipertensi atau tekanan darah yang melonjak tinggi.

Selain menggunakan cara medis atau cara-cara tertentu yang umum orang ketahui, ternyata ada cara unik dan tidak biasa untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Adapun diantaranya adalah:

Berjemur di bawah sinar matahari pagi

Para ahli mengatakan bahwa matahari adalah sumber vitamin D, nutrisi yang kita butuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperkuat tulang, meningkatkant mood dan juga menurunkan kemungkinan menderita jenis kanker tertentu.

Sadarkah Anda bahwa matahari juga dapat membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi?. Itu disebabkan karena efek sinar matahari membantu tubuh menghasilkan nitric oxide, gas yang melebarkan pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah turun.

Namun demikian, pastikan agar berjemur matahari di bawah jam 9 pagi hingga jam 4 sore agar dapat menikmati manfaat kesehatannya yang luar biasa. Karena kalau di atas jam itu, yang didapat justru kulit kita yang gosong.

Peluk orang lebih sering

Bukan rahasia lagi bahwa memberi pelukan dan dipeluk kembali terasa menyenangkan. Bagaimanapun, cinta dianggap sebagai obat yang membuat seseorang merasa penting, diinginkan dan dibutuhkan.

Tahukah Anda bahwa berpelukan juga sesuatu yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi? Menurut para ilmuwan, hal ini disebabkan oleh dihasilkannya jenis hormon tertentu yang disebut oksitosin.

Oksitosin berperan penting dalam persalinan dan menyusui. Studi mengatakan bahwa oksitosin membantu mengurangi efek sistem saraf simpatik, yang terlibat dalam respon fight or flight, pada jantung dan pembuluh darah.

Gunakan Stress Ball

Seperti namanya, stress ball atau bola stres adalah sarana yang dapat gunakan setiap kali merasa stres. Jadi bisa dibilang itu adalah suatu keharusan memiliki bola stres yang bisa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari yang sibuk.

Menurut para ilmuwan, bola stres tidak hanya baik untuk orang-orang yang stres, tetapi juga mereka yang tekanan darahnya tinggi.

Meremas bola stres menyebabkan otot berkontraksi. Efeknya, aliran darah ke tangan meningkat sehingga aliran tekanan darah (yang tinggi) akan ikut menurun.

Untuk menggunakan bola stres dalam menurunkan tekanan darah, tekan dengan satu tangan selama 60 hingga 90 detik. Setelah itu, bertukar tangan lainnya. Terus lakukan langkah-langkah seperti ini hingga beberapa kali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here