Beranda Teknologi Tak Tanggung-tanggung, Nokia 9 PureView Miliki 5 Kamera Belakang

Tak Tanggung-tanggung, Nokia 9 PureView Miliki 5 Kamera Belakang

8
Nokia 9 PureView

Nokia 9 PureView (Mashable.com)

Sebelum-sebelumnya, Nokia yang kini dimiliki HMD itu sangat bergantung pada nostalgia untuk membangkitkan minat konsumen dengan menghadirkan desain klasik seperti 3310 dan 8110 4G “bananaphone”. Tapi sepertinya tidak tahun ini.

Pada Mobile World Congress 2019, Nokia meluncurkan Nokia 9 PureView, sebuah smartphone Android flagship atau andalan dengan lima kamera belakang. Pertama kalinya dalam desain ponsel smartphone modern.

Lima kamera belakang mungkin tampak seperti berlebihan jika Anda menganggap ponsel lain seperti Galaxy S10 dan S10 + baru saja mulai menambahkan kamera belakang ketiga.

Tetapi seperti kita tahu, Nokia lama (sebelum dijual ke Microsoft) sangat legendaris dengan fitur kamera-kamera yang over-the-top. Jadi sudah ada dalam DNA merek tersebut untuk menjadi ponsel yang identik dengan kamera.

Jauh sebelum iPhone atau Galaxy dan bahkan Pixel ada, jika kita menginginkan kamera terbaik yang dicari pasti adalah Nokia. Ingat bagaimana kamera 5 megapiksel pada Nokia N95 yang begitu mutakhir di eranya?. Bahkan Nokia Lumia 1020 yang didukung Windows Phone 8 dan kamera PureView 41 megapikselnya yang gila-gilaan.

Jadi bukan hal yang aneh kalau HMD berusaha membangun sejarah Nokia dengan ponsel baru yang menekankan fotografi seluler.

Tapi apa yang membuat lima kamera pada Nokia 9 begitu istimewa? Untuk satu ini, mereka tidak membuatnya seperti kamera pada Galaxy S10 atau LG V40 ThinQ.

Alih-alih kombinasi lebar, telefoto, dan ultra-lebar yang segera menjadi mainstream, jajaran lima kamera Nokia 9 tersebut terdiri dari dua sensor gambar warna 12 megapiksel dan tiga sensor monokromatik 12 megapiksel, masing-masing dengan f / 1,8 aperture untuk mengumpulkan banyak cahaya.

Hasil bidikan kamera Nokia 9 PureView
Hasil bidikan kamera Nokia 9 PureView. (Mashable.com)

Saat Anda menekan tombol kamera, Nokia 9 akan mengambil bidikan dari kelima kamera ini dan kemudian menggabungkannya menjadi satu foto beresolusi tinggi.

Dengan menumpuk informasi yang diambil dari dua kamera warna dengan tiga kamera monokrom, Nokia mengatakan Nokia 9 mampu mengumpulkan 10x lebih banyak cahaya daripada sensor kamera satu warna di ponsel lain seperti iPhone XS dan Pixel 3. Sebagai hasilnya, Nokia mengatakan foto yang diambil dengan telepon seharusnya memiliki rentang yang lebih dinamis.

Tapi foto yang lebih tajam bukanlah satu-satunya keunggulan yang dimiliki lima kamera tersebut. Sensor kamera yang digabungkan juga dapat membuat peta kedalaman resolusi tinggi ekstra, menangkap hingga 1.200 lapisan informasi kedalaman, untuk meniru kedalaman bidang secara lebih realistis.

Semua kedalaman ekstra ini digunakan untuk membuat foto potret yang tampak lebih baik, dimana latar belakangnya kabur (disebut bokeh dalam istilah fotografi) lebih tepatnya menyerupai foto yang biasa didapatkan dari DSLR atau kamera tanpa cermin.

Seorang juru bicara HMD mengatakan bahwa Nokia 9 “memaksimalkan” kemampuan “GDepth” dalam Foto Google sehingga pengguna dapat memanipulasi kedalaman selama proses pengeditan.

Selain itu, kamera juga dapat memotret dalam format RAW dan mengeluarkan file DNG, yang berkisar antara 28-30MB, dengan lebih sedikit noise dan jangkauan lebih dinamis dibandingkan dengan JPEG yang diproses. Foto format RAW memang jauh lebih besar daripada JPEG, tetapi karena ada begitu banyak data di dalamnya, Anda dapat mengatur banyak hal seperti sorotan dan bayangan selama memotret.

Seolah-olah semua fitur kamera pro-level ini belum cukup, ada juga mode monokrom asli yang menangkap foto hitam-putih seperti halnya SLR dengan film hitam-putih. Selain itu, ada mode “Pro Camera UI” yang mencakup kemampuan untuk memotret timelapses dengan waktu pemaparan hingga 10 detik.
.

Pun demikian dikatakan bahwa Nokia 9 masih berjalan pada perangkat lunak pra-produksi, jadi apa yang kita lihat ini mungkin tidak mewakili rilis konsumen nantinya. Bahkan, HMD memberi tahu bahwa mereka masih mengutak-atik perangkat lunak dan proses akhirnya harus lebih cepat untuk pemrosesan gambar. Pemrosesan gambar yang cepat adalah factor penting dalam dunia desain grafis dan fotografi, tentu kita tidak mau berlama-lama hanya untuk menunggu foto selesai diproses.

Berikut spesifikasi lengkap smartphone Nokia 9 PureView

  • Layar QHD + pOLED 5,9 inci
  • Chip Qualcomm Snapdragon 845
  • RAM 6GB
  • Penyimpanan 128GB
  • Baterai 3.320 mAh
  • Pengisian nirkabel
  • Sensor sidik jari dalam layar
  • IP67 tahan air dan debu
  • Tidak ada jack headphone
  • Stock ROM Android 9 Pie

Untuk sementara waktu, Nokia 9 baru tersedia di AS seharga $699 dan €599 di Eropa, cukup terjangkau untuk sebuah smartphone lima kamera dengan hasil fotografi sekelas kamera DSLR yang berharga mahal.

Loading...