Beranda Kesehatan Tak Boleh Berlebihan, 7 Makanan Sehat Ini Juga Tinggi Kalori

Tak Boleh Berlebihan, 7 Makanan Sehat Ini Juga Tinggi Kalori

Makanan sehat
Quinoa

Di balik predikatnya sebagai makanan sehat, tetap ada efek samping tersembunyi yang harus selalu diwaspadai. Faktanya, ada beberapa makanan yang terkenal paling bergizi tetapi juga tinggi dalam hal jumlah kalori,sehingga konsumsinya tidak boleh berlebihan.

Di bawah ini adalah tujuh makanan yang terkenal menyehatkan tetapi tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Lantaran kandungan tinggi kalorinya yang bisa berdampak pada kenaikan berat badan.

Alpukat

Alpukat mengandung serat, kalium, vitamin C dan K serta sejumlah nutrisi lainnya. Satu setengah alpukat mengandung 15 gram lemak tak jenuh tunggal yang baik bagi kesehatan dan hampir tidak memiliki gula, atau hanya sekitar 0,2 gram per satu setengahnya.

Pun demikian, satu buah alpukat utuh dapat memiliki antara 300-500 kalori, tergantung pada ukurannya dan pada setengah cangkir alpukat yang ditumbuk memiliki sekitar 250 kalori.

Keju

Selain mengandung protein dan kalsium, keju juga mengandung lemak jenuh, natrium, kolesterol dan kalori. Satu ons keju mozzarella mengandung 72 kalori hingga 127 kalori pada keju parut Parmesan.

Buah Kering

Buah-buahan kering terkenal kaya akan nutrisi dan serat. Termasuk yang biasa dijadikan buah kering adalah nanas, aprikot, kurma, cincin apel dan kismis.

Namun, buah kering tetp tidak boleh dimakan secara berlebihan, terutama bagi yang tengah menjalani diet penurunan berat badan. Satu porsi sendok makan biasanya mengandung 67 kalori, sedangkan dalam bentuk snack camilan 100 gram mengandung lebih dari 300 kalori, apalagi jika ditambahi gula atau madu.

Dark Chocolate

Cokelat hitam atau dark chocolate kaya akan antioksidan dan nutrisi penting lainnya. Bahkan sejumlah penelitian menyimpulkan bahwa cokelat hitam dapat menurunkan gula darah, tekanan darah dan meningkatkan mood atau suasana hati. Dalam satu batang cokelat bisa mengandung sekitar 530 kalori.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan baik untuk jantung dan mengandung lemak yang dibutuhkan tubuh. Tetapi, konsumsi yang berlebihan juga dapat dengan cepat menaikkan berat badan.

Kacang Macadamia, mengandung 718 kalori dalam tiga ons dan pecan mengandung 715 kalori. Jadi, sekitar segenggam atau 1 ons, boleh saja. Konsumsi berlebihan dari kacang sejenis ini dapat dengan cepat menaikkan berat badan yang tidak diinginkan.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah alternatif yang lebih baik pengganti mentega biasa dan mentega margarin. Penting untuk menjaga jumlah porsinya agar tetap terkendali, karena hanya dalam satu sendok makan mengandung sekitar 120 kalori.

Meski minyak zaitun dianggap tinggi lemak, ia juga mengandung lemak tak jenuh tunggal, yang memiliki beberapa manfaat kesehatan. Manfaat-manfaat ini termasuk pemeliharaan kadar kolesterol yang sehat, menurunkan risiko beberapa penyakit kardiovaskular, Alzheimer dan kanker payudara.

Kita bisa menggunakan minyak zaitun dalam sayuran panggang, salad, dan pengganti margarin.

Quinoa

Jenis makanan yang kurang begitu populer di Indonesia, namun tidak ada salahnya untuk sekedar tahu menambah wawasan. Setelah quinoa dimasak, pengganti beras dan protein lengkap ini juga menghasilkan 222 kalori per cangkir, yang sebenarnya tidak terlalu buruk, tetapi dapat menambah kenaikan berat badan jika dimakan secara berlebihan.