Beranda Kesehatan Susah Buang Air Besar? Tekan Titik Tubuh Ini Langsung Lancar

Susah Buang Air Besar? Tekan Titik Tubuh Ini Langsung Lancar

10
Susah buang air besar
Susah buang air besar

Kelihatan sepele, tapi memiliki masalah dengan bolak-balik ke toilet memang dapat memengaruhi segalanya. Apalagi jika mengalami susah buang air besar atau sembelit, pekerjaan yang mestinya saat itu bisa diselesaikan harus tertunda lantaran lebih banyak waktunya dihabiskan di toilet.

Anda mungkin telah mencoba berbagai cara populer untuk mengatasi sembelit seperti memperbanyak makanan serat, pelunak tinja, posisi buang kotoran, pembersihan dan detoksifikasi tetapi hasilnya belum maksimal. Oleh karena itu, Anda perlu mencoba salah satu cara yang tidak cukup umum ini, yaitu pijat sembelit.

Untuk menemukan titik pijat ini, Anda perlu tahu ada garis yang memisahkan antara organ kelamin dan anus disebut dengan istilah perineum. Bagian ini memiliki titik pijat yang apabila ditekan dapat meringankan sembelit. Ini bukan omong kosong atau katanya saja, melainkan sebuah fakta yang didukung oleh Journal of General Internal Medicine.

Journal of General Internal Medicine mempelajari bahwa 1 dari setiap 5 dari kita menderita sembelit secara teratur, dan lebih banyak dialami wanita daripada pria. Hal ini lantas mendorong para peneliti untuk menemukan cara menyelesaikannya selain mengonsumsi makanan kaya serat.

Teknik yang sama juga disarankan untuk wanita hamil guna membantu merilekskan jalan keluarnya bayi dan mempersiapkannya selama persalinan. Memijat titik ini juga membantu meringankan usus. Memijat perineum secara teratur membantu memecahkan dan melunakkan feses yang sulit dikeluarkan.

Studi ini menyimpulkan bahwa dokter sebenarnya juga bisa mengajarkan teknik ini kepada pasien yang menderita sembelit atau susah buang air besar. Ini jauh lebih efektif daripada sereal atau latihan tubuh. Jadi jika suatu saat mengalami masalah buang air besar tidak lancar, ingat teknik ini dan langsung saja diurut-urut titik bagian tubuh tersebut.

Loading...