Beranda Kesehatan Studi Ilmiah Manfaat Kesehatan Makan Dua Buah Apel Sehari

Studi Ilmiah Manfaat Kesehatan Makan Dua Buah Apel Sehari

1
0
Manfaat buah apel
Makan apel

Bahan kimia yang yang terkandung dalam buah apel diketahui dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dengan memperlambat penumpukan kolesterol dalam tubuh, menurut para ilmuwan.

Minum satu setengah gelas jus apel setiap hari berdampak besar bagi kesehatan tubuh. Begitu pula, makan 2 apel setiap hari juga bisa membuat jantung lebih sehat.

Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Medicinal Food, menemukan bahwa senyawa dalam apel berperan seperti antioksidan dalam anggur merah dan teh untuk membantu mencegah kolesterol menyumbat pembuluh darah.

Para ahli telah mengetahui bahwa mengonsumsi buah dan sayuran menurunkan risiko penyakit jantung. Tetapi, penelitian di Pusat Medis Universitas Davis California, adalah yang pertama membuktikan manfaat senyawa aktif, yang dikenal sebagai fitonutrien, dalam buah apel.

Studi klinis tersebut melibatkan orang dewasa yang sehat minum 12oz jus apel 100% setiap hari atau hanya mengonsumsi 2 buah apel saja. Waktu yang dibutuhkan kolesterol untuk mengoksidasi atau memecah dalam tubuh, meningkat hingga 20% setelah hanya 6 minggu berselang.

Uji coba tahun pertama pada 160 wanita pasca-menopause menemukan bahwa mengonsumsi apel kering setiap hari mengurangi kolesterol ‘jahat’ LDL dan kolesterol total pada 3 bulan pertama, dan selanjutnya menguranginya pada 6 bulan berikutnya.

Yang paling penting, meskipun kolesterol tinggi merupakan faktor risiko penyakit yang berhubungan dengan jantung atau kardiovaskular. Penelitian ini tidak mengukur hasil kesehatan masing-masing peserta, oleh karena itu, meskipun lantas banyak orang berasumsi bahwa perbedaan kolesterol tersebutlah yang mengurangi risiko penyakit jantung. Belum jelas pasti apakah hubungannya memang demikian.

Namun demikian, penelitian ini memiliki pesan kesehatan umum, yaitu diet seimbang tinggi sayuran dan buah-buahan, aktivitas fisik teratur dan gaya hidup sehat, adalah cara terbaik untuk tetap sehat, dan mengurangi risiko penyakit jantung dalam kaitannya.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here