Beranda Kesehatan Sembuhkan Flu dalam 3 Jam dengan Bawang Putih, Ini Kata Peneliti

Sembuhkan Flu dalam 3 Jam dengan Bawang Putih, Ini Kata Peneliti

0
Sembuhkan flu
Bersin-bersin akibat sakit flu

Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa mengonsumsi bawang putih mentah atau dicampur madu, ternyata bisa melawan balteri penyebab flu hanya dalam waktu 3 jam saja.

Sebuah uji klinis kecil yang diterbitkan oleh Journal of Nutrition, membuktikan bahwa mengonsumsi makanan dengan 5 gram bawang putih mentah atau setara 2 siung bawang putih, menunjukkan tingkat aktivitas gen secara signifikan lebih tinggi yang terlibat dalam produksi peningkatan kekebalan tubuh sel darah putih dan proses melawan kanker. Pengujian ini diperoleh dari darah peserta, 3 jam setelah makan bawang putih.

Para peneliti mengatakan belum yakin pasti apakah bawang putih akan langsung mulai melawan flu secepat demikian ketika diaktifkan oleh gen partisipan. Tetapi penelitian sebelumnya telah membuktikan bahwa ada sesuatu yang istimewa pada bawang putih dalam hal melawan selesma.

Sebuah studi yang dilakukan pada 2012, menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi suplemen bawang putih setiap hari, mengalami aktivitas lebih besar dalam sel darah putih, lebih jarang mengalami gejala flu, dibandingkan dengan mereka yang hanya diberikan plasebo.

Lebih jauh lagi, sebuah penelitian di tahun 2001, menemukan bahwa orang yang mengonsumsi bawang putih sebagai suplemen kesehatan tambahan lebih kecil kemungkinannya untuk terserang flu dan lebih cepat sembuh jika mereka terinfeksi.

Khasiat Bawang Putih Sebagai Obat Alami Penyakit Flu

Apa yang membuat bawang putih begitu efektif melawah flu? Para peneliti mengatakan bahwa nutrisi tertentu dalam bawang putih, semacam mineral selenium, enzim tertentu, vitamin C dan senyawa yang mengandung sulfur mungkin ada hubungannya dengan factor penyembuhan tersebut.

Untuk mencoba pengobatan bawang putih mentah, bisa dengan dihancurkan atau ambil beberapa siung dan langsung memakannya. Bisa juga mengonsumsinya dalam bentuk salad, yang dipadu dengan sayuran lain. Menghancurkan bawang putih mentah akan melepaskan enzim yang disebut alliinase, yang pada gilirannya memicu pembentukan allicin, suatu senyawa yang mengandung sifat antibakteri.

Tetapi jika Anda lebih suka memasak dengan bawang putih, hancurkan atau potong dan biarkan selama 10 menit sebelum dipanaskan., tujuannya untuk menjaga manfaat kesehatan allicin tidak hilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here