Beranda Kesehatan Pusing Akibat Darah Tinggi, Segera Pijat 5 Titik Tubuh Ini

Pusing Akibat Darah Tinggi, Segera Pijat 5 Titik Tubuh Ini

0

Darah tinggi tidak hanya dialami orang dewasa saja, bahkan saat ini tidak sedikit remaja dan anak-anak juga terkena penyakit gangguan tekanan darah ini.

Bahkan di Negara maju seperti Amerika, satu dari 3 orang memiliki tekanan darah tinggi (32% orang dewasa), dan hanya 54 persennya saja yang dibawah kontrol.


Ciri-ciri umum tekanan darah tinggi adalah kepala tiba-tiba terasa pusing disertai dengan detak jantung tidak teratur, mual, mata kabur, kelelahan, telinga berdenging, nyeri dada, sulit bernapas, dll.

Jadi penting untuk mengetahui setidaknya beberapa pertolongan cepat pertama , seperti titik pijat akupresur untuk menurunkan tekanan darah tinggi berikut ini.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi jika tidak segera diobati dapat merembek ke penyakit jantung dan stroke. Jadi apa langkah pertolongan awal yang harus kita lakukan ketika merasa tidak enak badan?. Segera lakukan pijatan secara teratur pada titik-titik tubuh di bawah ini:

Titik pijat tekanan darah tinggi
Titik pijat LV 3

Titik antara jempol kaki dan jari kedua disebut dengan Liver 3 (LV 3) dan tidak boleh diabaikan dalam perawatan hipertensi. Berikan pijatan pada titik tersebut selama satu menit untuk membantu tubuh mengatasi berbagai masalah mulai dari tekanan darah hingga nyeri haid dan kecemasan. Secara umum, kaki kita memiliki berbagai titik tekanan, yang, ketika dipijat, dapat membawa peningkatan besar bagi kesehatan tubuh.

Titik pijat tekanan darah tinggi
Titik pijat LI 4

LI 4 (Large Intestine 4) adalah titik yang mudah dijangkau di tangan. Anda dapat menekannya dengan ibu jari tangan lainnya selama beberapa waktu, atau memijatnya dengan gerakan berdenyut. Merangsang titik ini akan membantu menyembuhkan rasa sakit kronis dan meningkatkan kekebalan tubuh, disamping juga menghilangkan tekanan darah tinggi.

Titik pijat tekanan darah tinggi
Titik pijat PC 6

PC 6 (Pericardium 6 atau “Gerbang Dalam”) adalah titik tekanan pada lengan bagian dalam kita. Untuk menemukannya, buka sekitar 3 lebar jari dari pergelangan tangan, dan arahkan ke tengah. Titik ini membantu jantung dan mengontrol tekanan darah dengan mengatur sistem peredaran darah Anda. Selain itu juga dapat mengobati mual, sakit kepala, dan mabuk perjalanan.

Titik pijat tekanan darah tinggi
Titik pijat GB 20

GB 20 (Gallbladder 20) sebenarnya adalah 2 titik di leher kita di kedua sisi vertebra dan tepat di bawah pangkal tengkorak. Untuk “mengaktifkan” titik-titik ini, Anda perlu menerapkan tekanan sedang selama sekitar satu menit pada suatu waktu. Pertahankan tangan agar tetap stabil, dan jangan melibatkan gerakan lain apa pun. Saat melakukannya untuk diri sendiri, gunakan ibu jari Anda. Memijat ini juga bisa melepaskan ketegangan leher dan mengobati demam dan masalah mata.

Titik pijat tekanan darah tinggi
Titik pijat GV 20

GV 20 (Governing Vessel 20) adalah titik tekanan di bagian atas kepala kita. Anda dapat menemukannya di tengah-tengah kepala dengan membayangkan garis dari telinga ke telinga. Anda dapat memijat atau menekan titik ini untuk menurunkan tekanan darah, mengobati pusing, atau hanya untuk agar merasa lebih enak badan.

Obat tekanan darah tinggi

Seiring dengan semua perbaikan cepat di atas, ada juga hal yang bisa Anda lakukan untuk menormalkan tekanan darah secara alami.

  • Manfaat berjalan tidak hanya membuat jantung kita “berolahraga,” tetapi juga melepaskan endorfin, yang memengaruhi kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  • Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension atau “Pendekatan Diet untuk Menghentikan Hipertensi”) mencakup banyak buah dan sayuran dengan biji-bijian utuh. Juga disarankan agar Anda menghindari makanan olahan, makanan dengan lemak jenuh, dan produk susu berlemak serta daging.
  • Tiga dosa mematikan dari tekanan darah tinggi adalah nikotin, alkohol, dan stres. Semua hal ini memberikan tekanan yang tidak perlu pada jantung dan sistem pembuluh darah kita, dan akan meningkatkan risiko terkena stroke atau serangan jantung.
  • Tukar konsumsi garam dengan rempah-rempah. Asupan garam yang meningkat membuat tubuh kita mempertahankan cairan dan menghasilkan lonjakan tekanan darah. Anda bahkan dapat kehilangan kalsium ekstra melalui sering buang air kecil yang disebabkan oleh retensi cairan. Dengan mengurangi asupan garam, kita tidak akan kehilangan kalsium ekstra tersebut dan akan membantu tulang tetap kuat. Coba gunakan rempah-rempah dan herbal untuk membumbui makanan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here