Beranda Kesehatan Perbanyak Konsumsi Makanan Ini Jika Ingin Turut Berat Badan

Perbanyak Konsumsi Makanan Ini Jika Ingin Turut Berat Badan

0
Kacang-kacangan dan biji-bijian
Kacang-kacangan dan biji-bijian

Seiring meningkatnya kasus obesitas yang dialami masyarakat sekarang ini, banyak pula penelitian telah dilakukan oleh para ilmuwan di bidang medis untuk mengatasi problematika tersebut. Sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa terdapat jenis makanan tertentu yang jika dikonsumsi dapat mempercepat penurunan berat badan.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition tersebut, melaporkan bahwa mengonsumsi satu porsi pulses atau kacang-kacangan per hari, dapat membantu penurunan berat badan dengan membuat perut merasa lebih kenyang dan juga membantu mengurangi kolesterol “jahat”.

Penelitian ini dipimpin oleh penulis Dr Russel De Souza dan diadakan di Li Ka Shing Knowledge Institute Rumah Sakit St Michael di Toronto, Kanada. Para peneliti Kanada itu melaporkan bahwa makan kacang, miju-miju (kacang lentil), buncis dan kacang polong dapat mempercepat penurunan berat badan.

Selama penelitian berlangsung, hampir 1000 peserta pria dan wanita, mengalami penurunan 0,75 pon atau sepertiga kilogram selama enam minggu dengan menambahkan kacang-kacangan ke dalam diet atau makanan sehari-harinya.

Di waktu yang sama, para peserta tidak melakukan perubahan lain pada dietnya atau upaya tertentu untuk menurunkan berat badan. Tingkat “kolesterol jahat” juga berkurang setidaknya 5%, sehingga efeknya dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Apa yang Membuat Pulses Efektif Menurunkan Berat Badan?

Kacang-kacangan termasuk biji-bijian kaya akan protein, serat, vitamin dan mineral. Kandungan itulah yang membuatnya efektif dalam membantu penurunan berat badan dan mengurangi kolesterol jahat jika dimakan secara teratur. Juga, kacang dan biji-bijian memiliki “indeks glikemik rendah”, yang berarti dapat dipecah secara perlahan di saluran pencernaan.

Kesimpulan

Makanan yang termasuk kacang-kacangan seperti lentil, biji-bijian, buncis dan kacang polong kering terbukti (dalam penelitian tersebut) dapat membantu mengurangi lemak tubuh dan berkontribusi pada penurunan berat badan.

Kacang-kacangan membantu orang merasa lebih kenyang, lebih lama dan juga serat yang terkandung dalam makanan ini “dapat membantu mengurangi penyerapan lemak”.

Keterangan: Pulses adalah kacang-kacangan yang dipanen hanya untuk biji-bijian kering. Adapun jenisnya termasuk kacang polong, kacang lentil, buncis, dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here