Beranda Kesehatan Pengobatan Rumahan Sembuhkan Demam Anak yang Efektif dan Aman

Pengobatan Rumahan Sembuhkan Demam Anak yang Efektif dan Aman

0
Obat demam anak
Anak demam

Para orang tua seringkali merasa panik ketika anak-anaknya mengalami demam. Demam sendiri adalah reaksi normal tubuh saat melawan serangan virus, yang disertai gejala naiknya suhu tubuh melebihi 37 derajat celcius.

Ada obat-obatan bebas yang dapat digunakan untuk meredakan demam ringan. Pun demikian, terlalu mengandalkan obat-obatan semacam itu juga bisa membuat sistem kekebalan tubuh anak tidak mampu lagi melawan bakteri lain karena konsumsi obat yang terus-menerus.

Untungnya, ada pengobatan rumahan yang dapat orang tua gunakan untuk membantu mengurangi demam anak, dengan cukup cepat. Adapun diantaranya adalah:

Air dingin

Salah satu solusi rumahan termudah yang dapat Anda gunakan untuk meredakan demam anak. Cukup rendam kain bersih dalam air ledeng lalu peras airnya yang berlebih. Gunakan kain tersebut untuk menyeka area seperti ketiak, tangan, kaki, dan selangkangan untuk membantu menurunkan suhu. Anda juga dapat meletakkan kain dingin di dahi anak dan menggantinya setiap beberapa menit untuk mempercepat proses mengurangi demamnya.

Minum air putih

Dorong anak untuk minum air putih sebanyak mungkin guna membantu mengurangi demamnya. Namun, Anda perlu bersabar terutama ketika anak menderita flu lambung karena ia mungkin menolak pada awalnya. Sedikit dulu tidak masalah, semisal satu atau dua sendok air putih.

Cuka sari apel

Obat rumahan lain yang bisa Anda coba untuk meredakan demam si kecil adalah cuka sari apel. Asam dalam cuka dapat membantu menghilangkan demam sehingga anak akan merasa lebih baik dalam waktu cepat. Tambahkan setengah cangkir cuka ke dalam air mandi hangat yang telah Anda siapkan dan biarkan anak ia berendam di dalamnya selama lima hingga sepuluh menit.

Biasanya akan langsung terlihat peningkatan kesehatan yang ditandai dalam beberapa menit. Anda dapat mengulangi perawatan ini jika anak masih mengalami demam.

Pakaian longgar

Karena si kecil perlu menenangkan diri untuk meredakan demamnya, cobalah melepas beberapa pakaian yang mereka kenakan jika mungkin ia mengenakan pakaian yang cukup tebal. Hal ini berguna untuk membantu mempercepat proses mengurangi demamnya terutama jika dikombinasikan dengan pengobatan rumahan lainnya.

Jahe

Jahe juga merupakan pilihan yang baik sebagai obat demam alami anak karena mengandung sifat antibakteri dan antivirus. Selain itu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya yang bermanfaat untuk memerangi virus apa pun. Salah satu cara untuk menggunakan perawatan ini adalah dengan membuat teh jahe, tambahkan setengah sendok teh jahe parut halus dalam secangkir air mendidih. Tambahkan madu untuk mempermanis kemudian ramuan siap dikonsumsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here