Beranda Pengetahuan Obesitas Adalah? Penjelasan Singkat Tentang Obesitas dan Solusinya

Obesitas Adalah? Penjelasan Singkat Tentang Obesitas dan Solusinya

16

Apa yang dimaksud obesitas?

Obesitas
Obesitas

Singkatnya obesitas adalah kegemukan yang berlebihan. Berbadan gemuk di atas rata-rata berarti memiliki timbunan banyak lemak tubuh sehingga hal ini oleh para ahli dianggap bisa berdampak buruk bagi kesehatan orang tersebut. Tingkat lemak tubuh yang baik atau tidak baik didasarkan pada usia, jenis kelamin, dan tinggi badan seseorang. Kita bisa menggunakan kalkulator Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengukur ukuran pinggang untuk memeriksa apakah kita memiliki berat badan yang sehat atau tidak.

Apa yang menyebabkan obesitas?

Ketika seseorang mengonsumsi lebih banyak kalori dari makanan yang ia makan dan proses pembuangan atau pembakarannya tidak seimbang, maka hal itu bisa menambah berat badan.

Selain itu, Jika ada anggota keluarga yang kegemukan, orangtua misalnya, maka kemungkinan besar mengalami kegemukan juga lebih mudah. Obat-obatan tertentu dan masalah kesehatan juga dapat menyebabkan bertambahnya berat badan lebih cepat. Jika demikian, baiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan saran yang tepat.

Apa dampak kesehatan dari obesitas?

Diabetes, Penyakit Jantung, Stroke, Tekanan Darah Tinggi, Lemak Darah Tinggi, Kolesterol Darah Tinggi.

Apa yang harus dilakukan?

Kabar baiknya, penurunan berat badan walau dalam jumlah kecil sekalipun dapat meningkatkan kesehatan yang bersangkutan dan mencegah penyakit berbahaya. Untuk menurunkan berat badan, Anda perlu membakar lebih banyak jumlah kalori dari yang Anda makan.

Cara paling cepat untuk menurunkan berat badan adalah dengan melakukan diet. Namun biasanya, bagi sebagian orang ini sulit dipertahankan dan ada beberapa kasus tidak bekerja dalam jangka waktu panjang.

Sebaliknya, sangat dianjurkan agar mengubah gaya hidup sepenuhnya dalam artian menjaadi lebih baik, seperti makan yang sehat dan olahraga secara teratur. Fokus dalam menemukan keseimbangan yang tepat antara makanan bergizi, ukuran atau porsi, dan jumlah olahraga.

Loading...