Beranda Kesehatan Mengenal Kanker Darah, Penyakit yang Diderita Ani Yudhoyono

Mengenal Kanker Darah, Penyakit yang Diderita Ani Yudhoyono

4
0

Kabar memprihatinkan datang dari ibu negara ke-6 Republik Indonesia Ani Yudhoyono,. Diketahui istri Susilo Bambang Yudhoyono ini tengah dirawat di salah satu rumah sakit di Singapura karena mengidap kanker darah.

Lantas Apa itu kanker darah? Hampir semua kasus kanker darah bermula dari sumsum tulang tempat dimana darah diproduksi. Dalam kasus kanker darah, sel kanker akan mencegah sel darah normal menjalankan fungsi mereka.

Jenis-jenis Kanker Darah

Penyakit kanker darah
Sel kanker darah

Ada tiga jenis kanker darah yang secara umum paling banyak menyerang manusia, diantaranya:

Leukemia: Menghentikan sel darah putih melawan infeksi dan tak mampu memproduksi sel darah merah. Usia penderita leukemia pada anak-anak di waha 15 tahun. Sedangkan orang dewasa di atas 50 tahun.

Limfoma: Berkembang pada limfosit tipe sel darah putih di sumsum tulang belakang, yang berperan melawan infeksi.

Myeloma: menyerang jaringan pembentuk plasma darah di sumsum tulang.

Kanker darah tidak memiliki gejala umum karena tidak terlihat secara kasat mata. Namun kanker darah memiliki gejala awal yang mungkin akan dianggap sepele penderitanya seperti anemia, mimisan atau gusi berdarah

Kanker darah itu kan menyebabkan gangguan dari atau sel darah merahnya terganggu. Jadi misalnya leukemia, itu ada sel-sel leukosit berubah dari makhluk biasa menjadi monster, mereka akan menyingkirkan sel darah lain. Sekarang kalau yang di singkirkan itu adalah sel darah merah, maka pasien akan mengalami anemia atau kurang darah yang gejalanya adalah letih, lemas dan lesu

Lalu apakah kanker darah bisa disembuhkan? Berkat berbagai terobosan ilmu kedokteran, kanker darah memungkinkan untuk disembuhkan. Namun semua ini tergantung pada perawatan yang sesuai dengan kondisi spesifik pasien. Karena pada umumnya, kanker darah merupakan penyakit yang sensitif terhadap obat hampir 95%.

Penyebab kanker darah adalah adanya perubahan gen yang disebabkan bahan kimia di lingkungan sekitar seperti rokok, zat pewarna hingga pengawet dari makanan yang biasa kita santap. Pentingnya menerapkan hidup sehat dan menciptakan lingkungan yang bersih menjadi salah satu pencegah tumbuhnya kanker pada tubuh.

Jadi penting sekali untuk menerapkan hidup sehat karena apapun yang kita makan itu nanti outputnya akan terlihat beberapa tahun lagi. Seperti disebutkan rokok dan bahan kimia itu bisa jadi pemicu kanker tapi bukan cuman kita yang harus hidup sehat tetapi lingkungan juga.

Loading...