Beranda Kesehatan Mau Tetap Sehat di Usia 40 Tahun ke Atas? Lakukan Olahraga Ini

Mau Tetap Sehat di Usia 40 Tahun ke Atas? Lakukan Olahraga Ini

0
Tetap sehat di usia tua
Tetap sehat di usia tua

Ketika seseorang sudah memsauki usia 40 tahunan ke atas, akan ada banyak problem kesehatan yang dialaminya. Bahkan rasa-rasanya usia seperti sudah bertambah du kali lipatnya. Rasa sakit dan nyeri di tubuh akan terasa semakin jelas, pergerakan tubuh tidak se-elastis dulu waktu mudah.

Hal tersebut lumrah dialami karena kondisi tubuh sudah semakin menua. Tetapi dengan melakukan rutinitas latihan yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat mengontrol kesehatan tubuh dan menjaganya agar tetap prima meski di usia yang sudah mulai memasuki senja.

Jika Anda ingin merasa sehat selalu, berpenampilan baik, dan membuat orang-orang sekitar keheranan sembari berakata “wow, benarkah usia Anda 40 tahun?”, maka lakukan latihan berikut dan jadikan rutinitas olahraga harian. Nomor empat, bahkan sangat penting untuk mencegah kita dilarikan ke rumah sakit seiring bertambahnya usia nanti.

1. Pembakaran Lemak

Karena memiliki gaya hidup yang kurang sehat optimal di usia muda, kebanyakan orang akan memiliki tubuh yang berlemak saat memasuki usia 40 tahun ke atas. Ingat, gemuk dalam hal ini bukan pertanda sehat seperti anggapan orang-orang jaman dahulu. Tubuh yang tidak ideal di usia yang semakin menua justru akan menambah banyak risiko masalah kesehatan.

Salah satu rutinitas latihan yang paling bermanfaat bagi orang berusia di atas 40 untuk memangkas kelebihan lemak dalam tubuh, adalah melakukan serangkaian latihan yang memerlukan energi tinggi. Bisa dengan melakukan step-up, mengangkat barbel, ayunan kettlebell, dan squat jump. Semua latihan-latihan ini berguna untuk membakar lemak berlebih agar kesehatan tubuh tetap terjaga seiring bertambahnya usia.

2. Kekuatan

Latihan kekuatan sangat penting seiring bertambahnya usia seseorang, karena tentu saja kita tidak ingin otot menjadi layu karena jarang dilatih. Otot yang jarang dilatih tentu akan memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tubuh mudah pegal, terasa sakit dan nyeri itu wajar karena jarang melatih otot.

Untuk usia 40 tahun ke atas, Anda dapat melakukan pemanasan terlebih dahulu dengan cross-trainer, rower, atau dengan lompat tali.

Kemudian, Anda bisa melatih kekuatan kaki dengan squat, kekuatan punggung tambahan dengan latihan dumbbell row, press shoulder untuk kekuatan bahu, dan deadlifts sebagai latihan penutupnya. Latihan-latihan ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh bahkan sampai di usia tua nanti.

3. Gerakan Senam

Tetap aktif adalah langkah pertama agar tubuh bergerak. Untuk memastikan tubuh bebas dari rasa sakit, fleksibel, dan sepenuhnya sehat, maka seringlah lakukan latihan senam saat berusia 40 tahun ke atas.

Latihan senam dan fleksibilitas mencakup menggerakkan sendi dan bisa melakukannya dengan bebas tanpa rasa sakit. Jadi jika ingin senantiasa tetap sehat, maka ikuti atau lakukanlah senam miminam satu minggu sekali.

4. Keseimbangan

Tahukah Anda bahwa jatuh adalah penyebab paling umum kedua kematian orang karena kecelakaan? Banyak dari kejatuhan ini adalah hasil dari kehilangan keseimbangan, sesuatu yang cenderung menjadi masalah pada kelompok usia di atas 65 tahun.

Agar tidak mengalami masalah serupa di usia tua nanti, maka lakukanlah mulai saat ini latihan-latihan untuk melatih focus dan keseimbangan.

Habiskan setidaknya dua menit berdiri dengan satu kaki pada satu waktu, keseimbangan di papan keseimbangan (wobble board), dan lakukan juga squat. Seni olahraga Tai Chi juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan dan melatih keseimbangan diri.

5. Menjaga Kesehatan Secara Keseluruhan

Jika Anda ingin menjadi sesehat mungkin seiring bertambahnya usia, maka mendasar pertama yang harus dilakukan adalah tetap aktif. Menurut Harvard Medical School, berenang, latihan kekuatan, kelas Tai Chi, berjalan, dan latihan kegel adalah beberapa latihan paling bermanfaat yang harus diakukan bagi orang berusia di atas 40 tahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here