Beranda Binatang Kenapa Zebra Kulitnya Belang? Ilmuwan: Agar Lalat Tak Mendekat

Kenapa Zebra Kulitnya Belang? Ilmuwan: Agar Lalat Tak Mendekat

0
Kenapa Zebra Kulitnya Belang?
Peneliti melakukan percobaan pada kuda

Beberapa orang memiliki pendapat yang berbeda-beda terkait kenapa kuda jenis zebra tersebut tidak memiliki warna cokelat pada umumnya, melainkan belang-belang di sekujur tubuhnya. Salah satunya disebutkan jika garis-garis putih hitam tersebut bertujuan untuk melindungi zebra dari predator atau berkamuflase agar tidak nampak dari pemangsanya.

Namun tampaknya pendapat-pendapat tersebut kurang tepat setelah ilmuwan melakukan penelitian untuk menemukan apa alasan sebenarnya zebra memiliki warna belang-belang di tubuhnya. Dalam melakukan penelitian ini, para peneliti mengenakan mantel bergaris-garis (mirip zebra) pada kuda untuk melihat seberapa banyak serangga yang hinggap di tubuhnya dan membandingkan hasilnya dengan kuda yang tertutup mantel polos berwarna tunggal.

Tim Caro, penulis utama laporan yang diterbitkan dalam jurnal PLOS ONE, mengatakan,” lalat gagal mendarat dengan benar, dan malah terbang melewatinya atau bahkan menabrak mereka [zebra] dan terpental”.

Ahli biologi dan rekan penulis studi dari University of Bristol, Martin How, mengatakan garis-garis itu mungkin menyilaukan lalat saat mereka berada cukup dekat untuk melihatnya dengan mata resolusi rendah – seperti bagaimana pilot dapat tersilaukan oleh matahari.

“Selain garis-garis yang mencegah lalat kuda mendekat, zebra juga terus-menerus mengibas-ngibaskan ekornya dan akan mengusir lalat yang mungkin berhasil hinggap di tubuhnya, jadi mereka juga menggunakan cara perilaku (alami) untuk mencegah lalat menghisap darahnya,” kata Caro.

Di antara teori-teori lain tentang mengapa zebra memiliki garis belang-belang adalah untuk berkamuflase menghindari predator besar atau sebagai fungsi sosial seperti pengakuan individu.

Spekulasi lain mengatakan bahwa garis-garis tersebut membantu menghangatkan tubuh dengan mengatur arus konveksi di sepanjang punggung zebra.

Namun yang paling layak dari semua teori itu adalah garis-garis belang pada tubuh zebra berguna untuk membingungkan lalat penghisap darah agar tidak mendekat.

“Sebagian besar ahli biologi yang terlibat dalam penelitian tentang warna zebra juga sependapat bahwa ini adalah alasan bahwa zebra memiliki garis-garis,” tambah Caro.

Zebra sangat rentan terhadap berbagai penyakit fatal, termasuk trypanosomiasis, penyakit kuda Afrika, dan equine influenza, yang disebarkan oleh lalat kuda dan lalat tsetse.

Bulunya yang pendek juga membuat mereka sangat rentan terhadap serangan serangga, karena lalat dapat lebih mudah menemukan pembuluh darah dengan mulutnya yang tajam.

Sepupu dekat kuda dan keledai, tiga spesies zebra di dunia, yang dikenal karena tubuh bergaris hitam-putih, banyak berkeliaran di sabana Afrika memakan berbagai rerumputan. Pola garis mereka bervariasi di antara individu, tidak ada yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here