Beranda Kesehatan Jumlah Jam Tidur yang Ideal Sesuai Umur Seseorang

Jumlah Jam Tidur yang Ideal Sesuai Umur Seseorang

2

Jumlah tidur yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan dan metabolisme tubuh tetap lancar. Tanpa tidur yang cukup, fungsi sistem biologis tubuh manusia menjadi terganggu. Dan perlu Anda tahu tubuh kita membutuhkan jumlah tidur yang tepat sesuai dengan usianya. Tidur nyenyak dan berkualitas sangat penting agar badan kita tetap fit dalam menjalani hari.

Jam tidur yang ideal
Bayi tidur pulas

Berikut ini adalah penjelasan seberapa banyak waktu tidur yang diperlukan oleh setiap kelompok usia dan apa saja manfaat serta kerugiannya:

1. Bayi yang baru lahir usia 0 hingga 3 bulan

Usia ini adalah masa yang sangat rentan serta utama dari kehidupan manusia. Jadwal tidur yang teratur dapat menentukan kemampuan fungsi tubuh pada usia mendatang. Pada minggu pertama, bayi yang baru lahir tidur rata-rata 14-18 jam per hari. Jumlah ini berkurang menjadi 12-15 jam pada saat mereka menginjak satu bulan. Namun, tidak semua bayi sama, karena beberapa bayi lebih sedikit tidur. Hal ini bisa dikarenakan keadaan mental yang buruk atau tidak dapat tidur karena terganggu dengan keadaan sekitarnya. Hal-hal ini sangat mempengaruhi siklus tidur mereka dan seterusnya akan menimbulkan beberapa masalah seperti sering  menangis karena kelelahan, konsentrasi rendah, depresi dan lain-lain.

2. Bayi usia 4 hingga 11 bulan

Jam tidur pada usia ini rata-rata sebanyak 12-15 jam. Beberapa bayi memiliki kebiasaan tidur dua atau tiga jam pada siang hari kemudian tidur malam selama 8 jam atau lebih. Jadi jika ada bayi tidur tanpa istirahat selama 7-9 jam setiap malam, itu pertanda siklus tidurnya sempurna.

3. Balita usia 1-2 tahun

Pada usia ini, tidur bisa berlangsung dari 11 hingga 14 jam semalam. Anak-anak pada usia ini kemungkinan besar akan tidur siang satu kali sehari, beberapa bahkan dua kali sehari. Tetapi sekitar usia dua tahun, beberapa balita tidak lagi tidur siang.

4. Anak-anak prasekolah usia 3-5 tahun

Untuk ukuran gaya hidup sehat, setiap anak usia prasekolah membutuhkan tidur maksimal 11-14 jam untuk perkembangan yang baik bagi aspek mental dan fisik mereka. Anak-anak di usia ini biasanya belajar hal-hal baru dan rutinitas tidur yang tepat bisa membantu mereka memahami hal-hal baru dengan lebih mudah. Semakin banyak waktu tidur pada anak usia ini, akan antusias dia untuk belajar.

5. Anak sekolah usia 6 hingga 13 tahun

Anak-anak pada tahap ini harus tidur nyenyak selama 9-11 jam. Ini adalah waktu ketika kemampuan mental mereka berkembang. Jika perkembangan tersebut terganggu maka anak akan kelihatan lelah sepanjang waktu, serta dapat menimbulkan masalah berat di kemudian hari. Untuk kasus kelainan kepribadian seperti hiperaktif dengan kesulitan untuk tetap tenang, mengatur rutinitas tidur yang tepat harus diutamakan.

6. Remaja usia 14 hingga 17 tahun

Remaja biasanya memiliki pergeseran jadwal tidur, dikarenakan waktu belajar serta beberapa kegiatan lain, dan terkadang mereka tetap terjaga sepanjang malam lalu tidur sehari penuh. Hal tersebut menjadi kebiasaan buruk yang mengganggu jam biologis mereka dalam hal gaya hidup sehat .

7. Dewasa muda usia 18 hingga 25 tahun

Sebagian besar dari orang pada usia ini memiliki jam tidur maksimal 6 jam setiap hari. Dan hal ini dapat merusak kesehatan tubuh karena kebutuhan istirahat yang kurang. Seharusnya orang dewasa rata-rata membutuhkan 8 jam tidur di setiap harinya. Hal buruk lainnya yaitu kebiasaan pola tidur  tidak teratur yang kemudian berdampak pada kesehatan mereka.

8. Dewasa usia 26 hingga 64 tahun

Pada masa ini  segala sesuatu dalam hidup harus bekerja sesuai dengan rutinitas yang ketat. Makan yang benar, tidur, berolahraga dll. Jam tidur berkisar 7-9 jam. Jika tidur terganggu, tubuh tidak mendapatkan cukup energi untuk menjaga produktivitas setiap harinya.

9. Lansia usia 65 tahun ke atas

Ini adalah usia ketika kita harus beristirahat sebanyak mungkin, sekitar 7-8 jam tidur. Beberapa orang semakin sulit tidur ketika menginjak usia tua. Mereka harus mengunjungi dokter untuk meminta bantuan. Selain itu tubuh pada usia ini juga menjadi lambat dan lelah. Untuk mengembalikan stamina dan energi pada diri kita, tidur sangat diperlukan bagi tubuh. Dan pada usia ini tidak baik untuk terlalu memaksakan diri dengan kegiatan berat.

Kita sebagai manusia terkadang memiliki waktu tidur yang tidak sebanding dengan kerja keras dan perjuangan tubuh kita untuk melalui hari. Oleh karena itu tidur yang nyenyak dan baik dengan jumlah jam yang tepat bisa mencegah beberapa penyakit serta membuat kita sehat dan bahagia.

Loading...