Beranda Kesehatan Empat Dampak Buruk Tak Terduga Keseringan Menggunakan Ponsel

Empat Dampak Buruk Tak Terduga Keseringan Menggunakan Ponsel

0
Bahaya keseringan menggunakan ponsel
Bahaya keseringan menggunakan ponsel

Ponsel saat ini sudah berkembang menjadi smartphone atau ponsel pintar, yang bisa melakukan banyak hal selain untuk sekedar mengirim pesan teks, mengambil foto atau menjelajahi internet. Ponsel pintar adalah komputer mini super canggih yang mudah dibawa kemana-mana.

Tidak heran mengapa banyak orang saat ini betah menghabiskan sebagian besar waktunya berlama-lama memandangi dan mencengkeram ponselnya. Sayangnya penggunaan ponsel secara berlebihan juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Para ahli mengatakan bahwa beberapa dampak buruk dari kecanduan ponsel tersebut diantaranya:

Gangguan Penglihatan

Terus-terusan membaca pesan, email, dan halaman web di layar kecil ponsel bisa menyebabkan penyipitan mata dan juga membuat otot-otot mata jadi tegang. Pada akhirnya, bukan tidak mungkin akan berdampak pada penglihatan yang buruk sebagai hasil dari, yang oleh pakar disebut sebagai ketegangan mata digital.

Sakit dan Nyeri Tubuh

Karena penggunaan ponsel mengharuskan posisi tangan dalam cara tidak biasa dan menggunakan ibu jari berulang kali, ada kemungkinan besar seseorang akan mengalami tangan dan sendi jarinya menjadi sakit dan meradang.

Namun, tangan bukan satu-satunya bagian tubuh yang berisiko, penggunaan ponsel yang berlebihan menyebabkan juga menekuk leher dalam posisi yang canggung. Sehingga membuat leher dan punggung bagian atas terasa pegal. Bahu juga bisa mengalami sakit, jika menggunakannya bersama-sama dengan telinga untuk memegang ponsel saat menelepon.

Infeksi

Menurut sebuah penelitian yang viral beberapa waktu lalu, ponsel sebenarnya mengandung lebih banyak bakteri daripada tempat duduk toilet.

Terutama jika penggunanya jarang mencuci tangan, ponsel akan lebih banyak terkontaminasi mikroba yang dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit dan infeksi. Para ahli mengatakan bahwa ponsel bahkan bisa menjadi benda paling kotor terutama jika sering digunakan oleh banyak orang.

Kecemasan dan Depresi

Jutaan orang di seluruh dunia dewasa ini menderita kecemasan dan depresi. Menurut para ahli kesehatan mental, banyak masalah yang berhubungan dengan kesehatan mental ini bersumber dari stres. Ternyata penyebab paling banyak orang mengalami stress adalah karena Media sosial yang diakses lewat ponselnya.

Berdasarkan sebuah penelitian, seseorang yang menghabiskan lebih banyak waktu di ponselnya lebih mungkin menderita kecemasan dan depresi daripada mereka yang lebih jarang menggunakan ponselnya atau tidak berlebihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here