Beranda Lainnya Empat Cara Membuat Pisang Mentah jadi Matang Lebih Cepat

Empat Cara Membuat Pisang Mentah jadi Matang Lebih Cepat

0
Mempercepat pematangan pisang
Pisang matang

Pisang adalah buah tropis populer yang banyak digemari oleh masyarakat di seluruh dunia. Selain dimakan langsung dalam bentuh buah, banyak kini makanan olahan yang memanfaatkan pisang sebagai bahan utamanya, seperti pisang ledre, pisang geprek, pisang krispi, dan lain-lain.

Pisang mengeluarkan etilen yang berperan dalam melembutkan dan mengubah warna buah (menjadi matang). Kunci untuk mempercepat pematangan pisang adalah memanipulasi paparannya terhadap etilena tersebut.

Berikut adalah beberapa cara untuk memaksimalkan paparan pisang terhadap etilen, sehingga pisang bisa matang lebih cepat:

1. Diletakkan bersamaan dengan buah-buahan lainnya

Gabungan etilen yang dipancarkan oleh pisang secara kolektif akan membantu mempercepat proses pematangan.

Tips: Menempatkan pisang dengan buah-buahan lain yang kaya etilen seperti tomat dan apel juga mempercepat proses pematangan pisang.

2. Simpan pisang di tempat yang hangat

Meletakkan pisang di tempat hangat akan memunculkan gula alami buah dan itu berarti pisang akan matang bahkan dalam 24-48 jam. Pastikan untuk sesekali memeriksanya. Jika bintik-bintik cokelat mulai muncul, itu berarti pisang sudah matang. Orang biasanya menggunakan karbit sebagai penghangat, yang diletakkan dalam sebuah wadah sak bersamaan dengan pisang.

3. Tempatkan pisang di dalam kantong kertas

Menempatkan pisang di dalam kantong kertas mempercepat pemasakan dengan menekan emisi etilen dalam batas kantong sehingga hanya menumpuk dan bersirkulasi di sekitar pisang. Metode ini juga bisa memerangkap kehangatan di dalam kantong yang juga merangsang pematangan. Pisang akan matang dalam waktu 12-24 jam sehingga Anda dapat melakukan ini di malam hari dan kemudian memeriksanya di pagi hari ketika bangun.

4. Gunakan oven atau freezer

Jika ingin pisang matang lebih cepat lagi, meletakkan pisang dalam oven adalah solusinya. Nyalakan oven dengan suhu rendah 250 ° F dan biarkan selama 15-20 menit.

Altyernatif lain yang juga berfungsi sama adalah dengan menaruh pisang setidaknya selama dua jam di dalam freezer. Seperti halnya menggunakan oven, pisang juga akan matang lebih cepat.

Perlu diketahui juga, mengekspos pisang pada suhu ekstrem dapat membuatnya lembek dan terlalu manis jadi lakukan itu hanya tergantung pada apa yang akan Anda gunakan pada pisang tersebut (pisang lembek dan sangat manis akan menghasilkan roti pisang yang lezat). Kedua metode di atas juga bisa mengubah kulit pisang menjadi hitam sehingga jika akan menggunakan pisang untuk keperluan presentasi atau display, baiknya hindari penggunaan oven atau freezer dan memilih cara lain yang ada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here