Beranda Kesehatan Efek Buruk Langsung yang Terjadi Akibat Minum Es Teh Berlebihan

Efek Buruk Langsung yang Terjadi Akibat Minum Es Teh Berlebihan

4
0
Minuman es teh
Minuman es teh

Es teh kini sudah menjadi minuman favorit semua kalangan. Dari mulai warung-warung makan pinggir jalan hingga restoran, es teh selalu tidak ketinggalan dalam daftar menu minuman pilihan. Namun adakah efek buruk yang terjadi jika seseorang minum es teh secara berlebihan? Jawabannya, tentu saja ada, bahkan ini sudah dialami orang secara langsung.

Seorang lelaki dari Arkansas dilarikan ke rumah sakit setelah mengeluh akibat rasa kelelahan, kelemahan, dan rasa sakit di sekujur tubuhnya. Dokter awalnya bingung dengan kondisi yang dialami pria tersebut. Tetapi setelah dilakukan tes, akhirnya terungkap bahwa ia mengalami penyakit gagal ginjal.

Namun justru, dokter yang menanganinya lebih bingung lagi karena pria itu tidak memiliki riwayat masalah kesehatan ginjal sebelumnya. Bahkan dari keluarganya juga tidak memiliki riwayat masalah kesehatan seperti itu.

Akibat Minum Es Teh Berlebihan

Pria itu akhirnya mengakui bahwa dia sebelumnya pernah mengonsumsi 16 gelas es teh setiap hari. Teh memang dianggap sebagai salah satu minuman paling sehat. Bahkan ada beberapa pendukung yang mengklaim bahwa meminum teh bahkan lebih sehat daripada H2O biasa. Manfaatnya dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit jantung tertentu. Namun begitu, terlalu banyak teh, terutama teh hitam yang menjadi favorit pria itu, juga dapat merusak kesehatan.

Teh hitam diketahui kaya akan oksalat, merupakan senyawa kimia yang dapat berdampak negatif pada ginjal. Karena pria itu mengonsumsi tiga hingga 10 kali lebih banyak asupan senyawa itu lebih banyak dari normalnya, tidaklah mengejutkan jika ginjalnya langsung berhenti berfungsi dengan baik. Begitu pria yang berusia 56 tahun itu mengaku kecanduan es teh, para dokter yakin keadaan ginjalnya tersebut adalah akibat dari menenggak es teh dalam jumlah berlebihan setiap hari.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here