Beranda Teknologi 6 Aplikasi Gratis Terbaik untuk Mengembalikan Foto yang Terhapus

6 Aplikasi Gratis Terbaik untuk Mengembalikan Foto yang Terhapus

0

Karena suatu hal tertentu kalian secara tidak sengaja menghapus semua foto yang tersimpan di kartu memori atau mungkin menyesal telah menghapusnya dan ingin mengembalikan foto-foto yang sudah hilang terhapus tersebut. Bagaimana caranya, bisakah foto-foto yang sudah dihapus atau memori yang diformat dikembalikan lagi ke tempat seperti semula?.

Untungnya, ada cara khusus untuk mengembalikan foto yang sudah terhapus. Meskipun, perlu dicatat, tidak ada jaminan 100% semua foto akan kembali utuh seperti semula.

Saat kalian membuka Google dan menelusuri kata kunci “mengembalikan foto yang sudah terhapus dari kartu memori” akan tampil jutaan hasil penelusuran software atau aplikasi yang mengklaim dapat memulihkan gambar yang hilang namun sayangnya sebagian besar adalah shareware alias tidak gratis.

Kita tahu beberapa foto tertentu bisa sangat berharga karena itulah para pengembang perangkat lunak menyadari orang akan bersedia membayar biaya untuk membeli software yang dapat mengembalikan foto yang sudah dihapus.

Jangan khawatir karena dalam artikel ini kami telah menyusun daftar enam program gratis terbaik pilihan yang dapat membantu mengembalikan foto kalian yang sudah terhapus. Software-software gratis legal, yang bisa kalian gunakan tanpa perlu merasa khwatir.

PC Inspector Smart Recovery

Mengembalikan foto yang terhapus dengan PC Inspetor Smart Recovery
Mengembalikan foto yang terhapus dengan PC Inspetor Smart Recovery

PC Inspector Smart Recovery adalah program yang dirancang khusus untuk pemulihan gambar digital dari sejumlah perangkat keras yang berbeda termasuk kartu memori, flash drive, hard drive, MicroSd dan juga langsung dari sejumlah kamera digital.

Sebagian besar format gambar umum dapat dipulihkan serta beberapa format file video seperti MP4 dan MOV. Selain itu, bisa pula untuk memulihkan beberpa tipe kamera khusus seperti kamera Fuji, Ricoh, Olympus, Minolta, dan Nikon.

Mode Pencarian cepat atau lambat tersedia sehingga kalian dapat lebih cepat memindai perangkat yang lebih besar terlebih dahulu dengan mode cepat, dan menggunakan mode yang lebih menyeluruh jika gambar yang dicari masih belum ditemukan.

Download PC Inspector Smart Recovery

Zero Assumption Digital Image Recovery

Mengembalikan foto yang terhapus dengan Assumption Digital Image Recovery
Mengembalikan foto yang terhapus dengan Assumption Digital Image Recovery

Zero Assumption Recovery adalah alat yang cara kerjanya memindai secara menyeluruh dan sebagai konsekuensinya, sangat lambat. Bisa memakan waktu hingga beberapa jam untuk memindai kartu memori atau flash drive yang cukup besar.

Sisi positifnya adalah kemungkinan program ini bisa menemukan gambar yang tidak terdeteksi oleh sebagian besar atau program pemulihan serupa lainnya. Sehingga waktu pemindaian yang lama tidaklah sia-sia jika foto yang hilang tersebut sangat berarti bagi kalian.

Program ini mendukung beberapa format file seperti TIFF, JPG, CRW, WAV, MOV dan GIF . Program ini mudah digunakan, cukup pilih drive / kartu memori, pilih folder untuk menyimpan file, tekan tombol dan tunggu sampai selesai.

Download Zero Assumption Digital Image Recovery

Program Digital Image Recovery ini sudah berusia beberapa tahun hingga sekarang. Tetapi versi demo dari versi shareware terbaru Zero Assumption Recovery masih dapat memulihkan sejumlah format gambar dari perangkat penyimpanan, partisi dan langsung dari beberapa merek kamera digital secara gratis, dan sedikit lebih cepat.

Kita juga bisa melihat peta volume grafis dan opsi waktu realtime untuk menangani bad sector. Tersedia juga filter pemilihan ukuran dan tanggal yang dapat kita konfigurasikan setelah pemindaian selesai.

AnyFound Photo Recovery Edisi Gratis

Mengembalikan foto yang terhapus dengan Anyfound gratis
Mengembalikan foto yang terhapus dengan Anyfound gratis

Meskipun situs web dan pengembang Anyfound sepertinya telah menghilang entah kemana, softwarenya jelas masih berfungsi penuh sampai sekarang dan digunakan oleh banyak orang.

Selain dapat dengan cepat memulihkan sebagian besar format gambar digital termasuk BMP, JPG, GIF, PNG, PSD, TIFF, WMF, EMF, PSP dan ICO. Software ini juga memiliki mode Partisi PC yang memindai seluruh perangkat lebih teliti untuk mencari file yang hilang akibat partisi yang rusak atau diformat.

Fitur lain yang bermanfaat adalah mode Lanjutkan dimana kita dapat melanjutkan kembali di titik mana kita berhenti dari sesi pemulihan sebelumnya, jika file yang discan adalah kartu memori yang berkapasitas besar.

AnyFound Photo Recovery berjalan mulus pada versi windows XP dan di atasnya, program ini membutuhkan instalasi tetapi dapat diekstraksi dengan Universal Extractor untuk membuatnya portabel.

Download AnyFound Photo Recovery

PhotoRecover.NET

Mengembalikan foto yang terhapus dengan photorecover.net
Mengembalikan foto yang terhapus dengan photorecover.net

Pembuat PhotoRecover.NET adalah seorang fotografer yang mengembangkan alat ini karena ia merasa kecewa dengan begitu banyaknya aplikasi shwareware serupa yang dijual dengan sangat mahal. Program ini dirancang khusus untuk perangkat penyimpanan yang dapat dilepas seperti kartu memori, kamera dan USB flash drive dll. Aplikasi ini khusus memulihkan hanya foto format JPEG saja. Cukup pilih perangkat memori yang ingin dipindai, pilih folder output dan mulai proses.

Metode pemulihannya cukup lambat karena proses pemindaiannya bersifat menyeluruh. Aplikasi ini dapat memulihkan gambar dari perangkat memori yang terhapus, diformat, atau rusak. Foto akan dipratinjaudahulu saat sebelum dipulihkan.

Programa PhotoRecover.NET bekerja pada system operasi windows XP dan di atasnya. Selain itu juga membutuhkan .NET Framework untuk bisa berjalan dengan baik.

Download PhotoRecover.NET

PhotoRec

Mengembalikan foto yang terhapus dengan PhotoRec
Mengembalikan foto yang terhapus dengan PhotoRec

PhotoRec dibundel dengan alat pemulihan drive / partisi rusak bernama TestDisk. Fitur kombinasi yang disediakan membuat software ini menjadi pemulihan gambar yang bekerja sangat bagus. Meskipun antarmukanya masih berupa DOS, yang mungkin membuat beberapa pengguna yang masih dalam taraf newbie merasa agak sdikit kurang nyaman.

Sistem menu program ini cukup intuitif, bisa mengembalikan data dari beberapa format penyimpanan seperti FAT, NTFS, exFAT, Linux ext2 / 3/4 atau bahkan perangkat yang diformat HFS +. Perlu diperhatikan bahwa PhotoRec akan memulihkan SEMUA jenis file dari ruang kosong atau seluruh perangkat kecuali kita memfilter pencarian dengan ekstensi file yang tepat (seperti JPG) menggunakan daftar di menu File Opts.

PhotoRec dan Testdisk adalah platform portabel dan lintas platform OS dengan versi terpisah untuk Windows, DOS / Win 9x, Linux dan Mac OS X.

Download PhotoRec

Pemulihan Foto Gratis MjM

Mengembalikan foto yang terhapus dengan aplikasi MjM
Mengembalikan foto yang terhapus dengan aplikasi MjM

MjM Free Photo Recovery adalah alat yang cukup berumur, yang kemudian diputuskan perusahaan untuk dirilis ke publik secara gratis. Software ini juga sangat efektif untuk memulihkan foto terhapus (hanya JPG) dari penyimpanan media seperti kartu memori dan flash drive.

Memori sudah diformat atau bahkan rusak sekalipun, tidak masalah, asalkan perangkat masih terdeteksi oleh Windows. Pemindaian cukup lambat sehingga akan membutuhkan waktu berjam-jam pada kartu memori yang berkapasitas besar.

Mode Deep Scanning yang tersedia akan memakan waktu lebih lama lagi. Menu drop-down Ukuran File Maks yang ada dapat digunakan untuk mengabaikan file yang lebih besar jika kita hanya ingin mencari gambar di bawah beberapa ukuran Megabita, misalnya.

Download MjM Free Photo Recovery

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here