Beranda Kesehatan Detoks Buah-buahan untuk Membersihkan Tubuh dalam Lima Hari

Detoks Buah-buahan untuk Membersihkan Tubuh dalam Lima Hari

0
Buah dan sayuran segar
Buah dan sayuran segar

Tubuh manusia dilengkapi dengan organ-organ yang membantu menghilangkan zat beracun di dalamnya. Namun, pola makan dan gaya hidup saat ini cenderung membuat organ-organ ini menjadi tertekan dan tidak bekerja dengan semestinya.

Karena alasan itulah mengapa kita perlu melakukan detoksifikasi yang terbukti bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan serta mengoptimalkan kinerja organ yang perannya termasuk menghilangkan zat yang tidak diinginkan dalam tubuh.

Saat ini, ada begitu banyak program detoksifikasi yang tersedia. Cukup googling saja akan keluar banyak pilihan informasi yang tersedia. Jika Anda ingin menjalani detoksifikasi tetapi tidak tahu metode apa yang tepat untuk dilakukan, coba gunakan metode yang paling sederhana terlebih dahulu.

Anda bisa mencoba program detoksifikasi sederhana dengan buah-buahan. Selama lima hari berturut-turut, yang harus Anda lakukan adalah melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

Fokus pada Buah dan Sayuran

Sepanjang menjalani program pembersihan tubuh, jangan makan daging merah, produk susu, dan makanan olahan. Dari pagi hingga malam, Anda hanya boleh mengonsumsi buah dan sayuran. Disarankan memilih produk yang ditanam secara lokal, jadi bisa ambil langsung dari petani. Karena yang dipanen langsung biasanya lebih organic dan sehat, tujuannya adalah membersihkan tubuh dari zat beracun yang menumpuk bukan menambahnya lagi. Jadi produk organic merupakan pilihan yang terbaik.

Hanya Minum Air dan Jus

Sangat penting agar mengesampingkan dulu kopi, soda, dan minuman lain yang mengandung kafein dan banyak gula. Tujuannya adalah membuang air untuk mempercepat pembilasan racun dalam tubuh serta menjaga sel-sel tetap terhidrasi. Berinvestasi dalam juicer berkualitas baik juga merupakan ide bagus. Anda bisa membuat jus buah maupun sayuran yang paling Anda sukai, yang penting selalu pilih produk-produk organic.

Minum Air Lemon

Rata-rata program detoksifikasi yang ada selalu menyertakan jus lemon, tak terkecuali program detoks lima hari ini. Jus lemon mengandung antioksidan yang membantu membersihkan berbagai zat beracun dalam tubuh dengan cepat dan efektif. Beberapa menit sebelum sarapan, minumlah secangkir air hangat yang dicampur dengan jus lemon. Sepanjang hari, biasakan untuk menyesap atau minum sedikit-dikit air dengan jus lemon segar.

Berolahraga

Salah satu komponen yang sangat penting dari detoksifikasi yang sukses adalah olahraga. Melakukan latihan kardiovaskular selama setidaknya 20 menit sehari selama program detoks membantu mempercepat pembuangan produk limbah bertahun-tahun dari kebiasaan makan yang buruk dan gaya hidup tidak sehat yang telah terkumpul di dalam tubuh. Anda bisa melakukan latihan seperti jogging, berenang, menari dan olahraga seperti bulu tangkis, bola basket, dan bola voli.

Bersihkan Kulit (Dry Brushing)

Selama program detoks 5 hari ini, Anda juga harus membersihkan kulit setiap hari dengan cara menyikatnya menggunakan sikat berbulu halus, teknik ini biasa disebut dengan Dry Brushing. Melakukan rutinitas ini membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit dan juga membuka pori-pori tersumbat oleh kotoran atau kulit mati.

Kulit adalah organ tubuh terbesar, yang juga memiliki peran dalam membantu menghilangkan kotoran di dalam tubuh melalui keringat. Membersihkan kulit setiap hari akan membantu kulit menjalankan perannya dengan jauh lebih baik dan maksimal.

Setelah lima hari menjalani program detoksifikasi, perubahan akan langsung bisa terlihat. Anda akan merasa lebih berenergi dan warna kulit juga terlihat lebih indah. Bahkan detoksifikasi singkat seperti ini juga bisa menghilangkan sakit kepala dan nyeri sendi yang mengganggu sebelumnya. Namun begitu, pastikan dulu tubuh Anda sehat dan siap (dalam artian tidak menderita penyakit tertentu), sebelum melakukan proses pembersihan tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here