Beranda Lainnya Cara Membuat Jebakan Lalat dari Botol Bekas, Murah dan Ampuh

Cara Membuat Jebakan Lalat dari Botol Bekas, Murah dan Ampuh

21
0

Di daerah tropis seperti Indonesia, lalat banyak ditemukan di sekitar kita. Di rumah, di pasar, di tempat-tempat lembab, bahkan di warung-warung makan tak jarang sering kita temui. Tentu hal ini sangat mengganggu, karena lalat sendiri adalah makhluk kotor yang sering membawa bibit-bibit penyakit dan menularkannya melalui tempat-tempat yang mereka hinggapi.

Lalat sangat menyukai sesuatu hal yang berbau busuk dan nampak kotor, seperti misalnya tempat sampah, makan-makanan yang busuk dan bahkan orang yang kurang menjaga kebersihan juga bisa menjadi buronan lalat. Jadi penting agar bahan-bahan makanan di rumah atau yang sekiranya berhubungan dengan konsumsi harus dijaga agar tidak dikerubungi lalat, bisa dengan menutupinya atau menaruhnya di dalam lemari yang rapat.

Jika Anda sudah merasa jengkel dan muak dengan banyaknya lalat yang selalu lalu lalang, apalagi bagi mereka yang punya warung makanan, maka jangan sampai lalat mengganggu kenyamanan konsumen atau pembeli di warung. Ada solusi alami yang mudah, murah dan efektif untuk membasmi lalat yang akan kami bagikan tutorialnya berikut ini.

Dengan memanfaatkan botol-botol bekas atau yang sudah tidak digunakan lagi, kita bisa membuat sendiri alat perangkap lalat yang sudah teruji bekerja efektif untuk membasmi lalat di tempat Anda.

Jenis lalat yang bisa diatasi menggunakan perangkap ini

Desain perangkap ini berfungsi untuk sebagian besar jenis lalat yang biasa ditemukan di rumah atau di warung-warung makanan, seperti lalat rumah, lalat buah, dan lalat biru (blow fly). Yang membedakannya cuman jenis umpan perangkap yang digunakan saja.

Cara Membuat Perangkap Lalat dengan Botol Bekas

Bahan-bahan yang digunakan kebanyakan sudah tersedia di rumah atau di sekitar kita tinggal, jadi tidak perlu repot mutar-muter sana-sini untuk mencari bahan-bahannya. Cukup Anda sediakan:

  • Botol plastik kosong misalnya bekas minuman soda, jus, atau botol air dengan ukuran berapa pun.
  • Alat potong tentunya, seperti gunting atau pisau yang tajam.
  • Beberapa pita, selotip atau isolasi sebagai perekat untuk membuat alat nantinya.
  • Dan terakhir, kita perlu menyediakan umpan untuk menarik lalat. Akan dijelaskan lebih lanjut pada akhir artikel.

Sekarang kita siap untuk membuat alat perangkap lalatnya

  • Pertama, potong bagian atas botol. Agar tidak keliru, Anda bisa melihat contoh gambar di bawah ini.
  • Isi setengah bagian bawah botol dengan beberapa centimeter umpan dicampur dengan cairan (akan dijelaskan lebih lanjut).
  • Balikkan bagian atas botol dan masukkan ke potongan botol.
  • Rekatkan di area sekitar tepi luar untuk merapatkan agar lalat tidak bisa merangkak keluar.
Membuat jebakan lalat
Memotong botol untuk jebakan lalat

Perangkap lalat sudah selesai dan siap digunakan!. Tempatkan di mana pun yang terdapat banyak lalatnya, seperti di samping tempat sampah, bak cuci, atau keranjang buah. Lalat-lalat nantinya akan tertarik pada aroma perangkap dan terbang masuk ke dalam botol. Untungnya, lalat bukanlah makhluk yang cukup cerdas, dan ia tidak akan bisa menemukan jalan keluar melalui lubang kecil botol tersebut. Ketika cukup banyak lalat telah terkumpul di dalam botol, buanglah di luar dan buat lagi yang baru. Jadi akan lebih bagus untuk membuat beberapa perangkap agar bisa menangkap lebih banyak lalat lagi.

Jebakan lalat
Jebakan lalat dan umpannya berupa buah

Apa yang disukai lalat?

Lalat sangat suka mengerumuni bahan organik yang membusuk seperti buah busuk, makanan bususk, sampah sayuran, dan lain-lain.

  • Lalat rumah dan lalat biru amat tertarik pada buah-buahan, sayuran, dan daging. Mereka suka hal-hal manis, jadi mereka akan senang mengerumuni apa saja mulai dari nektar bunga hingga buah yang membusuk. Semakin busuk dan berbau akan semakin baik. Mereka tergila-gila dengan kotoran apa pun dan akan mengerumuni seluruh kotoran tersebut.
  • Lalat buah lebih menyukai hal-hal yang manis dan/atau difermentasi. Mereka tertarik pada buah-buahan dari segala jenis, termasuk beberapa jenis sayuran, dan apa pun yang manis. Mereka suka jus, anggur, bir, dan sari buah apel, bahkan jika sudah tidak ada mangsa lagi, cukapun akan jadi konsumsi mereka.

Selain itu, semua lalat tampaknya juga tertarik pada barang-barang yang terkumpul di saluran pembuangan (selokan) dan pembuangan sampah.

Membuat umpan lalat yang efektif

Jenis umpan yang kita butuhkan tergantung pada jenis lalat yang akan ditangkap. Semakin bagus umpannya, semakin baik jebakan tersebut. Anda dapat mencoba bereksperimen dengan beberapa jenis berbeda untuk mengetahui mana yang paling cocok untuk dijadikan umpan.

Umpan untuk Lalat Rumah, lalat botol biru: Kombinasi antara manis dan daging paling cocok untuk digunakan sebagai umpan. Campur potongan daging (yang agak busuk, semakin baik) dengan sesuatu yang manis (lihat daftar di bawah). Banyak orang mengatakan dengan menggunakan ikan busuk atau udang, hasilnya sangat bagus karena baunya cukup mencolok.

Umpan untuk Lalat Buah: Gunakan buah (semakin tua dan matang, semakin baik), cuka sari apel, jus buah, sirup, anggur, bir, atau kombinasi apa pun.

Tips Umpan Lalat agar Efektif

Membuat jebakan lalat
Lalat terperangkap masuk ke dalam botol
  • Perangkap ini bekerja dengan menangkap lalat masuk dalam cairan, jadi apapun umpan rasa yang Anda pilih, pastikan untuk mengapungkannya dalam cairan yang cukup untuk menenggelamkannya saat mereka masuk dalam botol. Air, jus, cuka, atau anggur bisa digunakan.
  • Untuk mencegah lebah dan serangga bermanfaat lainnya masuk dalam perangkap, tambahkan sedikit cuka.
Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here