Beranda Kecantikan Cara Buat Sendiri Toner Vitamin C, Pengganti Suntik Putih Berbahaya

Cara Buat Sendiri Toner Vitamin C, Pengganti Suntik Putih Berbahaya

0
Pemutih kulit alami

Rahasia mendapatkan kulit yang sehat berseri, menghilangkan bekas jerawat ataupun komedo secara alami kini bukan impian semata. Dengan toner vitamin C buatan sendiri ini, kita bisa melakukan perawatan rumahan untuk memperbaiki kulit tidak rata (karena bopeng bekas jerawat), rusak akibat sinar matahari dan mudah dibuat tentunya.

Daripada menggunakan suntik pemutih, yang tidak direkomendasikan oleh banyak pakar kesehatan karena bisa berdampak buruk terhadap kulit. Baiknya kita beralih ke alternatif lain yang lebih sehat dan alami. Dengan memadukan bahan-bahan alami yang tepat, kita bisa membuat sendiri toner vitamin C yang memiliki manfaat untuk menyehatkan dan mencerahkan kulit secara alami.

Vitamin C sangat efektif dalam melawan tanda-tanda penuaan kulit sert menghilangkan komedo, bercak-bercak hitam, noda, dan bekas jerawat. Hal ini lantaran vitamin C memiliki kemampuan yang mampu merangsang dan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh kita.

Vitamin C pun sebenarnya sudah ada di semua produk kosmetik dan perawatan kulit. Namun seringkali komposisinya tidak tetap (berubah-ubah), teroksidasi saat terkena cahaya atau udara, dan tidak bertahan lama setelah ditambahkan ke dalam krim, toner, serum, dan produk perawatan kulit lainnya. Singkatnya, vitamin C telah kehilangan efektivitasnya.

Karena vitamin C secara alami tidak stabil, perusahaan kosmetik dan perawatan kulit seringkali memutuskan untuk tidak menggunakannya dalam produknya. Sebaliknya, mereka menggunakan vitamin A (retinoid), vitamin E, dan bahan anti-penuaan lain yang mahal tetapi tidak efektif.

Beberapa perusahaan mencoba membuat resep yang dapat meningkatkan stabilitas vitamin C tetapi pada akhirnya, harganya juga ikut mahal di atas rata-rata. Keuntungan membuat produk perawatan kulit sendiri, tentu saja adalah kita memiliki kendali penuh atas potensi vitamin C dan bahan-bahan yang digunakan.

Yang terpenting untuk diingat ketika menggunakan vitamin C adalah, kulit harus bisa menyesuaikan diri dengannya. Pada akhirnya, vitamin C masih bersifat asam dan jika potensi toner terlalu rendah atau terlalu tinggi, dapat menyebabkan iritasi kulit. Tidak perlu khawatir, karena seiring waktu kulit akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Resep ini sangat cocok bagi orang yang menggunakan vitamin C untuk pertama kalinya karena hanya memiliki potensi 5%. Saat kulit sudah menyesuaikan, kita dapat secara bertahap meningkatkan hingga 10%, 15%, dan 20%. Sangat disarankan agar tetap berada di setiap level potensi selama dua hingga tiga minggu sebelum pindah ke level berikutnya yang lebih tinggi.

Jika ada sensasi seperti menyengat, kembali lagi ke tingkat potensi yang lebih rendah dan tunggu selama satu minggu sebelum naik ke level berikutnya. Jika sudah berhasil mencapai potensi 20%, kita dapat mempertahankan posisi tersebut selama yang diinginkan.

Untuk membuat toner vitamin C ini, kita perlu menyiapkan bahan-bahan diantaranya:

  • 100% Vitamin C bubuk (asam askorbat), bisa diperoleh di toko kosmetik atau toko obat tertentu
  • Teh hijau
  • Cangkir (wadah)
  • Air sulingan (Destilasi)
  • Sendok takar
  • Bola kapas bersih
  • Botol kaca gelap

Cara buatnya, silakan simak baik-baik:

  • Isi cangkir dengan air suling dan letakkan di dalam oven microwave dengan suhu yang disesuaikan. Tunggu selama satu menit tiga puluh detik.
  • Taruh sekantong teh hijau dalam cangkir air sulingan yang sudah panas dan tunggu selama tiga hingga empat menit.
  • Tunggu teh hijau menjadi dingin sebelum menambahkan bubuk vitamin C.
  • Untuk memperoleh potensi 5%, campurkan sembilan sendok teh teh hijau dengan setengah sendok teh bubuk vitamin C.
  • Aduk rata selama dua menit. Pastikan bubuk vitamin C larut dalam campuran.

Jika ingin naik potensi level, perhatikan rasio berikut:

  • Potensi 10%: sembilan sendok teh teh hijau dan satu sendok teh bubuk vitamin C
  • Potensi 15%: delapan setengah sendok teh teh hijau dan satu setengah sendok teh bubuk vitamin C
  • Potensi 20%: delapan sendok teh teh hijau dan dua sendok teh bubuk vitamin C

Tuang campuran vitamin C dalam botol kaca amber yang kedap udara, biru atau gelap, tujuannya untuk mencegah cahaya dan udara mencapai toner. Hal ini penting jika ingin toner bertahan setidaknya selama tujuh hari. Tempatkan botol di dalam lemari yang gelap.

Untuk mengoleskan toner ke kulit, gunakan bola kapas bersih dan oleskan di bagian kulit yang selalu terkena sinar matahari, seperti leher, wajah, bahu, dan lengan. Juga bisa pakai cara lain dengan memasukkan toner vitamin C ke dalam alat penyemprot dan cukup menyemprotkannya ke seluruh tubuh. Biarkan selama lima belas hingga dua puluh menit. Tidak perlu untuk membilasnya tetapi jikalau merasa jijik atau aneh, bolehlah untuk membersihkannya.

Teh hijau mengandung khasiat yang membantu menenangkan peradangan kulit, menyembuhkan kerusakan akibat sinar matahari, dan mengobati jerawat. Bonus tambahan adalah baunya enak dan bisa membuat tubuh menjadi rileks.

Jika bosan dengan toner, Anda bisa pula membuat serum dengan menambahkan sejumlah gliserin. Komposisi campurannya adalah satu sendok teh gliserin dan satu sendok teh air.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here