Beranda Pengetahuan BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem Sepanjang Minggu Ini

BMKG Peringatkan Cuaca Ekstrem Sepanjang Minggu Ini

8

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan kemungkinan akan terjadinya kondisi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Indonesia sepanjang minggu ini.

Cuaca ekstrem BMKG
Ilustrasi cuaca ekstrem

“Waspadai potensi hujan badai pada Mei di sejumlah kawasan,” kata Wakil BMKG Mulyono R Prabowo dalam pernyataan tertulis seperti dilansir Tempo pada Kamis, 25 April 2019.

BMKG menjelaskan bahwa sebagian besar masalah cuaca tersebut akan disebabkan oleh fenomena alam Madden Julian Oscillation (MJO) yang telah memasuki fase basah, yang mana akan sangat signifikan pada minggu depan. Kondisi ini meningkatkan pasokan massa lembab di wilayah Indonesia.

Anomali cuaca diidentifikasi di atas Laut Sulawesi, Selat Makassar, Kalimantan Barat, dan Laut Cina Selatan di Kalimantan Utara, dan berbenturan di bagian barat dan tengah Indonesia.

BMKG juga memperingatkan gelombang pasang berukuran 2,5 hingga 4 meter dari 25 April hingga 2 Mei 2019, di perairan Aceh, Kepulauan Mentawai, Samudera Hindia Sumatra Barat, hingga Samudra Pasifik di dekat Papua Utara.

Loading...