Beranda Binatang Bagaimana Cara Ikan Bernafas di Dalam Air? Jawabannya

Bagaimana Cara Ikan Bernafas di Dalam Air? Jawabannya

Ikan bernafas melalui insangnya
Ikan bernafas melalui insangnya

Yang namanya makhluk hidup sejatinya haruslah bernafas, karena mereka membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup. Manusia menggunakan paru-parunya untuk mengambil oksigen dari udara, tetapi ikan memiliki organ unik yang disebut insang di sisi kepalanya. Organ ini sangat berguna untuk membantu ikan mendapatkan oksigen yang cukup meski di dalam air.

Air mengalir masuk

Ketika ikan membuka mulutnya, air mengalir masuk dan mengalir menuju insangnya.

Filter air (saringan)

Air didorong masuk melalui tulang duri di dalam kepala ikan yang disebut penyapu insang. Gunanya untuk membersihkan air dan menyaring pasir atau lumpur masuk ke dalam.

Serat bulu (filamen)

Air yang masuk tersebut kemudian mengalir keluar dari mulut ikan melalui insangnya, yang memiliki helai berbulu yang disebut serat. Filamen atau serat-serat inilah yang mengambil oksigen dari air dan meneruskannya ke dalam darah ikan.

Sisik yang licin

Sebagian besar ikan memiliki tubuh licin yang ditutupi oleh sisik. Hal ini berguna untuk membantu melindungi tubuh ikan saat berenang di dalam air.

Bernafas melalui lubang sembur

Tidak semua makhluk laut bernafas menggunakan insang. Paus adalah mamalia dengan paru-paru sehingga mengharuskan berenang ke permukaan untuk menghirup udara. Paus menarik udara dan meniupnya melalui lubang sembur yang berada di atas kepalanya.