Beranda Kesehatan Agar Tetap Fit, 6 Tips Detoksifikasi Tubuh Pasca Liburan

Agar Tetap Fit, 6 Tips Detoksifikasi Tubuh Pasca Liburan

1

Musim liburan telah tiba, banyak orang saat ini tengah menikmati hari libur mereka dengan mengunjungi tempat-tempat wisata favorit. Sayangnya, pengalaman pasca liburan justru bisa menjadi hal yang tidak menyenangkan karena kondisi masalah tertentu, terutama soal kesehatan.

Agar tubuh tetap fit sehabis liburan panjang, maka perlu dilakukan detoksifikasi dari zat-zat berbahaya yang masuk dalam tubuh.

Detoksifikasi tubuh adalah salah satu cara untuk membersihkan tubuh dari semua kelebihan minyak, garam, dan lemak yang kita isi selama beberapa waktu selama liburan. Langsung saja, berikut adalah beberapa tips tentang cara mendetoksifikasi tubuh pasca liburan agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Melepaskan kelebihan retensi air

Detoks semangka
Detoks semangka

Langkah pertama detoks pasca liburan adalah melepaskan retensi air dan melawan kembung. Anda dapat melakukan ini dengan cepat dengan meminum jus semangka dan air kelapa.

Jenis semangka apapun bisa digunakan, jadi pilihlah sesuai facorit masing-masing. semangka terdiri dari sekitar 92% air dan akan membantu membuang bobot air jika dikombinasikan dengan air kelapa yang kaya kalium.

Bahan

  • 3 cangkir semangka (jenis apa pun)
  • 2 gelas air
  • 1 gelas air kelapa

Cara membuatnya

Masukkan semua bahan ke dalam blender. Giling sampai menjadi jus dan sajikan. Minumlah lima cangkir jus menyegarkan ini sehari. Jika Anda menggunakan obat diuretik, pastikan untuk bertanya kepada dokter Anda terlebih dahulu.

Sarapan penghilang lemak

Detoks penghilang lemak
Detoks penghilang lemak

Hal terbaik untuk tubuh setelah seharian liburan adalah dengan sarapan oatmeal dan selai kacang. Oatmeal adalah diuretik alami yang akan membantu melepaskan air berlebih di tubuh. Sementara itu, selai kacang dikemas dengan niacin, vitamin B yang akan mendukung pencernaan yang sehat.

Makan Siang Cair

Detoks makan malam
Detoks sup lentil

Semangkuk sup lentil cair untuk makan siang mudah dicerna yang akan membantu membuat perut dan usus bisa istirahat tenang. Sup lentil juga rendah glikemik, yang dapat membantu menjinakkan gula darah Anda. Buat sup lentil favorit dengan kaldu ayam, bawang, tomat, dan seledri, atau beli sup rendah sodium, 300 kalori jika Anda tidak punya waktu untuk memasak.

Resep Sup Lentil Rendah Glikememik

  • 1 cangkir kacang lentil
  • 3 gelas kaldu ayam
  • 1/2 potong bawang
  • 1 cangkir tomat
  • 1/2 cangkir seledri

Cara membuatnya

Campur bahan dalam panci di atas api sedang. Aduk sampai panas. Sajikan dan selamat menikmati.

Makan Malam Detoksifikasi

Detoks untuk makan malam
Detoks untuk makan malam

Makanan favorit liburan seperti kue dan cookie sering tidak memiliki cukup serat untuk membantu memindahkan kotoran melalui usus besar. Sebaliknya, ia berhenti di usus dan pencernaannya melambat. Makan malam salad kubis mengandung serat yang tidak larut, yang dapat membantu menghilangkan limbah dan menjaga buang air besar secara teratur.

Salad Kubis Penuh Protein

  • 2 cangkir kubis ungu
  • 1 dada ayam, dimasak
  • 1 ons biji labu
  • 1 buah jeruk
  • 3 sdt minyak zaitun

Cara membuatnya

Potong ayam menjadi potongan-potongan kecil. Aduk bahan bersama-sama. Sajikan dan bis dinikmati.

Bonus Penguat Metabolisme

Teh cokelat penguat metabolisme
Teh cokelat penguat metabolisme

Teh cokelat memiliki sifat meningkatkan metabolisme dan dapat membantu mengekang mengonsumsi makanan atau minuman yang manis selama detoksifikasi. Anda dapat menemukannya di toko teh lokal bisa memesannya lewat online.

Yoga

Gerakan yoga
Gerakan yoga

Cara lain untuk membantu mendetoksifikasi tubuh adalah dengan melakukan yoga. Yoga adalah jenis latihan pikiran dan tubuh, yang tidak hanya akan membantu membersihkan racun dari tubuh kita, tetapi juga membantu menjaganya agar tetap lentur dan kuat. Bagian terbaiknya, kita juga membebaskan pikiran dari stres, yang dampaknya sangat bagus bagi kesehatan tubuh.

Referensi: doctorOz

Loading...