Beranda Kesehatan 9 Makanan Sehat yang Memiliki Efek Penghilang Rasa Sakit Alami

9 Makanan Sehat yang Memiliki Efek Penghilang Rasa Sakit Alami

6
0

Tahukah Anda bahwa apa yang kita makan juga dapat berdampak kuat dan dramatis pada sistem metebolisme di tubuh?. Diantara jenis makan-makanan tersebut, ada makanan tertentu yang jika dimakan efeknya dapat mengurangi rasa sakit.

Daripada memilih obat penghilang rasa sakit kimiawi yang jika dikonsumsi terus-menerus bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh, terutama ginjal. Baiknya mencari solusi alternatif yang lebih alami dan tidak memiliki efek samping khusus bagi kesehatan.

Dari buah-buahan hingga rempah-rempahan, berikut ini sembilan daftar makanan sehat pilihan yang memiliki efek penghilang rasa sakit alami jika dikonsumsi:

Anggur merah

Anggur merah
Anggur merah

Anggur merah mengandung resveratrol, merupakan senyawa kuat penghambat enzim yang berkontribusi terhadap degenerasi jaringan. Studi menemukan bahwa resveratrol juga melindungi terhadap jenis kerusakan tulang rawan yang mengakibatkan sakit pada punggung.

Ceri

Buah Ceri
Buah Ceri

Ceri memiliki banyak sifat anti-inflamasi yang menjadikannya salah satu obat penghilang rasa sakit alami terbaik. Penelitian menunjukkan bahwa ceri dapat menghilangkan rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat.

Ikan salmon

Daging ikan salmon
Daging ikan salmon

Salmon kaya akan asam lemak omega-3 dan Vitamin D. Dikombinasikan bersama, dapat membantu mengurangi rasa sakit rematik, terutama di punggung dan leher. Selain itu juga rendah merkuri, yang membuatnya aman untuk dimakan secara teratur.

Kunyit

Jamu kunyit

Kunyit mengandung banyak sifat anti-inflamasi, yang membuatnya menjadi penghilang rasa sakit yang efektif untuk nyeri osteoarthritis. Bisa juga dikombinasikan dengan lada (plus kunyit) untuk menyebarkan daya serapnya dalam aliran darah.

Kayu manis

Kayu manis

Kayu manis adalah salah satu painkiller atau penghilang rasa sakit alami terbaik. Anda bisa menggunakannya sebagai bumbu atau mencampurnya dalam teh dengan memadukan 2 sendok teh madu dan 1 sendok teh kayu manis. Khasiatnya mampu meredakan nyeri akibat rematik.

Jahe

Jahe

Jahe mengandung banyak sifat anti-inflamasi yang akan membantu melawan rasa sakit. Jahe bahkan juga telah lama dikenal membantu melawan mabuk perjalanan dan mual. Jahe dapat dicerna dengan berbagai cara, dari teh hingga suplemen. Sesuai selera masing-masing.

Kedelai

Kedelai

Kedelai diketahui dapat mengurangi nyeri lutut osteoarthritis setidaknya 30% atau lebih. Sebuah penelitian menemukan bahwa, mengonsumsi 40 gram kedelai setiap hari mengurangi penggunaan obat penghilang rasa sakit pada pasien, setidaknya setengahnya. Ini karena isoflavon yang ada dalam kedelai mengandung sifat anti-inflamasi.

Kopi

Kopi
Kopi

Kopi mengandung kafein yang memiliki sifat penurun rasa sakit yang dapat membantu mengurangi rasa sakit terkait dengan olahraga. Sebuah penelitian di University of Georgia, menunjukkan bahwa dosis kafein moderat atau kira-kira sama dengan 2 cangkir kopi, mengurangi rasa sakit pasca-latihan setidaknya 50%.

Kemangi

Kemangi
Kemangi

Kemangi juga memiliki efek anti-inflamasi dan anti-bakteri alami. Jika dikonsumsi mentah-mentahan secara langsung, khasiatnya dapat mengurangi rasa sakit terutama yang berkisar di pinggang. Saya sendiri sering makan kemangi mentah, biasanya antara dua sampai tiga hari sekali.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here