Beranda Kesehatan 7 Manfaat Kesehatan Belimbing Wuluh yang Tak Banyak Diketahui

7 Manfaat Kesehatan Belimbing Wuluh yang Tak Banyak Diketahui

4
Manfaat belimbing wuluh
Belimbing wuluh

Belimbing wuluh atau nama ilmiahnya Averrhoa bilimbi adalah salah satu tanaman yang banyak tumbuh subur di daerah tropis, termasuk Indonesia. Masyarakat umumnya hanya tahu bahwa tanaman yang dikenal berbuah di pohon atau batangnya ini hanya bisa diolah sebagai bumbu untuk masak sayur asem saja. Tanpa sadar adanya manfaat kesehatan penting yang terkandung di dalamnya

Belimbing wuluh adalah sumber vitamin B, C dan fosfor, antioksidan dan zat besi yang baik. Meskipun buah ini tidak populer seperti buah tropis lainnya, buah ini faktanya mengandung nilai gizi tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk menambah wawasan kita dalam hal kesehatan, terutama yang bersumber dari alami. Berikut ini kami rangkumkan dalam tujuh manfaat belimbing wuluh bagi kesehatan yang tidak banyak diketahui:

1. Pengobatan Alergi

Alergi adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh hipersensitivitas sistem kekebalan tubuh manusia terhadap beberapa hal tertentu di luar tubuh. Hal-hal khusus ini dapat berupa obat-obatan, makanan, udara (menyebabkan rinitis alergi dan asma), atau logam (menyebabkan dermatitis), dll.

Gejala-gejalanya mungkin termasuk gangguan pernapasan, mata merah, gatal pada kulit, pilek atau bahkan yang lebih serius seperti sindrom Steven-Johnson. Minum jus buah belimbing wuluh secara teratur dapat membantu mengurangi gejala alergi.

2. Pengobatan Batuk

Ekstrak buah belimbing wuluhi dapat ditambahkan ke sirup batuk, karena efek positifnya dalam mengurangi batuk dan juga pilek. Bahkan rasa asamnya bisa membuat sirup obat batuk jadi lebih enak.

3. Kesehatan Tulang

Gigi dan tulang menjadi semakin lemah dan kurang padat seiring bertambahnya usia. Suplemen kalsium mungkin merupakan pilihan yang baik, tetapi mengisi makanan kaya kalsium jauh lebih baik.

Mengonsumsi buah belimbing wuluh dapat mendukung seluruh struktur tulang di tubuh. Fosfor melengkapi kalsium melalui peningkatan efektivitas mineral dengan menambahkan kepadatan dan kekuatan pada gigi dan tulang.

4. Pengobatan Diabetes

Buah belimbing wuluh direkomendasikan untuk orang yang menderita diabetes. Hancurkan 6 buah belimbing wuluh dan campurkan dengan segelas air.

Rebus campuran dan pastikan untuk menyaring airnya setelah matang atau sebelum dikonsumsi . Anda harus mengonsumsi rebusan air belimbing ini setidaknya dua kali sehari.

5. Mengontrol Hipertensi

Hipertensi adalah suatu kondisi yang dikaitkan dengan peningkatan tekanan darah di arteri. Seseorang dikatakan memiliki hipertensi ketika tekanan darahnya secara konsisten di atas 140/90 mmHg.

Buah belimbing telah digunakan secara tradisional dalam mengendalikan hipertensi. Yaitu dengan cara direbus menggunakan 3 gelas air sampai setengah dari airnya menguap. Campuran dapat diminum dalam keadaan suam-suam kuku. Disarankan untuk meminumnya setiap pagi.

6. Pengobatan Nyeri Rematik

Untuk mengurangi rasa sakit akibat rematik, Anda bisa melumatkanbeberapa daun belimbing wuluh dan satu butir buahnya. Campur dengan air dan oleskan pada daerah yang terkena 2-3 kali setiap hari.

7. Penurunan Berat Badan

Belimbing wuluh, di sisi lain, memiliki kalori yang sangat sedikit. Anda dapat menambahkannya ke makanan atau minuman tanpa menaikkan jumlah kalori. Makanan dengan vitamin B juga diketahui memiliki efek positif dalam meningkatkan kesehatan metabolisme tubuh.

Loading...