Beranda Kesehatan 6 Perubahan yang Terjadi Jika Rutin Minum Air Kelapa Seminggu

6 Perubahan yang Terjadi Jika Rutin Minum Air Kelapa Seminggu

0
Manfaat air kelapa
Air kelapa segar

Salah satu manfaat paling terkenal dari air kelapa adalah untuk mengobati atau lebih tepatnya menetralisir jika seseorang mengalami keracunan makanan. Misalnya keracunan makanan yang sudah kadaluarsa, biasanya setelah diminumkan air kelapa, tak lama kemudian penderita akan langsung buang air kecil atau buang air besar dan sakitnya pun akan mereda.

Namun selain untuk obat keracunan, ada segudang manfaat lain yang terkandung dalam air kelapa bagi kesehatan tubuh. Air kelapa kaya akan nutrisi berharga dan bebas dari zat tambahan yang tidak baik untuk tubuh.

Dengan hanya rutin mengonsumsi air kelapa selama seminggu atau satu buah kelapa per hari, Anda akan memperoleh sejumlah manfaat kesehatan berikut ini:

1. Pencernaan jadi lebih baik

Air kelapa baik untuk sistem pencernaan, karena menyediakan banyak kebutuhan harian untuk serat. Selain itu, efek elektrolitik dari air kelapa juga dapat memudahkan tubuh menyerap nutrisi dalam makanan. Dapat pula meredakan kejang dan nyeri usus, yang mungkin terjadi akibat gangguan pencernaan.

2. Ginjal jadi lebih sehat

Air kelapa dikenal sebagai diuretik alami, yang membantu mencegah penyakit ginjal. Disamping itu, air kelapa juga bisa membantu membersihkan saluran kemih dan kandung kemih, bahkan dapat memecah batu ginjal tertentu.

3. Menurunkan berat badan

Secara konsisten minum air kelapa setiap hari selama setidaknya satu minggu, seseorang akan mengalami penurunan berat badan akibat berkurangnya timbunan lemak berlebih dalam tubuhnya. Hal ini disebabkan karena minum air kelapa yang rendah lemak dalam jumlah tertentu, akan membantu mengurangi nafsu makan berlebih.

Jika minum air kelapa dalam cukup, maka nafsu makan akan berkurang. Namun jumlah juga ikut bertambah, menyebabkan seseorang ingin melakukan lebih banyak olahraga.

4. Tekanan darah tinggi kembali normal

Seperti yang dinyatakan oleh American Heart Association, hanya dengan menambahkan jumlah kalium yang cukup ke dalam makanan, efeknya dapat membantu mempertahankan atau mengurangi tekanan darah. Sebuah studi yang diadakan pada tahun 2005, menunjukkan individu yang minum air kelapa selama dua minggu mengalami penurunan tekanan darah diastolik dan sistolik masing-masing setidaknya 29% dan 71%.

5. Sistem kekebalan tubuh meningkat kuat

Air kelapa mengandung asam laurat, yang membantu memerangi bakteri dan virus. Asam laurat dari air kelapa memiliki kemampuan menghilangkan bakteri dalam tubuh, penyebab penyakit gusi dan infeksi saluran kemih.

Air kelapa juga melawan virus yang menyebabkan seseorang terserang flu dan penyakit menular. Bahkan selama musim penghujan seperti sekarang ini, air kelapa cocok diminum untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi harus air kelapa yang murni ya, jangan yang dijual sebagai minuman es kelapa di warung-warung itu.

6. Energi tubuh meningkat

Air kelapa paling sering digunakan oleh atlet sebagai pengganti air biasa. Hal itu dikarenakan air kelapa bisa menjadi sumber bahan bakar dan menjaga tubuh tetap terhidrasi, dibandingkan dengan air biasa.

Juga, kandungan kalium dalam air kelapa, membantu menjaga tekanan air di sel dalam tubuh. Sel-sel tersebut akan selalu terhidrasi dan membuatnya tetap sehat selama aktivitas fisik yang intens.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here