Beranda Kesehatan 4 Obat Alternatif Alami Pengencer Darah Pengganti Aspirin

4 Obat Alternatif Alami Pengencer Darah Pengganti Aspirin

13
0
Obat alternatif alami pengganti aspirin
Obat alternatif alami pengganti aspirin

Pada tubuh yang sehat, proses pembekuan darah akan terjadi cepat jika seseorang mengalami perdarahan karena luka. Namun, justru menjadi tidak baik jika pembekuan darah terjadi karena tidak diinginkan atau di tempat yang salah. Pembekuan darah tidak diinginkan itu semisal terjadi di arteri, yang akan menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Beberapa orang yang berisiko tinggi terkena serangan jantung dan stroke biasanya disarankan oleh dokter untuk mengonsumsi aspirin setiap hari karena memiliki kemampuan untuk mengencerkan darah sehingga mencegah pembentukan gumpalan darah.

Pun demikian, ada pula bahaya tertentu akibat asupan aspirin harian yang berlebihan seperti perdarahan lambung serta kerusakan ginjal dan hati. Tentu ini adalah sesuatu hal yang tidak diinginkan oleh semua orang. Untungnya, alam senantiasa menyediakan yang manusia butuhkan asalkan kita mau berusaha.

Ada beberapa bahan-bahan alami yang memiliki efek kesehatan mirip aspirin, namun tidak memiliki risikoefek samping yang serius. Di bawah ini adalah beberapa solusi alternative alami yang dapat kita andalkan untuk mengencerkan darah:

Bawang putih

Banyak orang yang tidak dapat mengonsumsi aspirin setiap hari cukup menelan dua siung bawang putih segar per hari. Menurut otoritas kesehatan, mengonsumsi 1 hingga 2 siung bawang putih setiap hari sudah cukup untuk mencegah pembekuan darah yang tidak diinginkan.

Jahe

Kita semua tahu bahwa jahe adalah obat multifungsi yang sangat baik untuk bermacam-macam masalah kesehatan terutama yang berhubungan dengan perut, mulai dari mual, gangguan pencernaan hingga diare. Tidak banyak orang yang sadar bahwa jahe juga berkhasiat mampu mengencerkan darah.

Para ahli mengatakan bahwa alasan mengapa jahe mampu menahan gumpalan darah adalah bukti adanya kandungan salisilat pada jahe. Aspirin mengandung versi sintetis yang disebut asam asetilsalisilat.

Kunyit

Tidak jauh beda dengan jahe, kunyit juga memiliki khasiat untuk mengencerkan. Kandungan kurkumin pada kunyit memiliki kemampuan alami mencegah pembentukan gumpalan darah. Selain dicampurkan pada makanan, kunyit juga bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman teh.

Cabe rawit

Cabe rawit juga memiliki khasiat alami untuk mengencerkan penggumpalan darah. Hal tersebut karena adanya kandungan salisilat, senyawa serupa yang ada di jahe. Sehingga ampuh sebagai alternatif alami untuk aspirin. Selain dikonsumsi dalam bentuk makanan, cabe rawit juga bisa dibuat dalam bentuk kapsul, terutama bagi mereka yang tidak terlalu suka dengan pedas-pedas.

PERINGATAN: Jika saat ini Anda sudah minum obat pengencer darah lain misalnya warfarin, jangan mengonsumsi lagi alternative aspirin seperti yang disebutkan di atas tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Karena efeknya dikhawatirkan dapat menyebabkan pendarahan berlebihan yang sama berisikonya dengan pembentukan gumpalan darah.

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here