Home » Pendidikan» Pengetahuan Umum» Tanpa Enam Organ Tubuh Ini, Manusia Masih Bisa Bertahan Hidup

Tanpa Enam Organ Tubuh Ini, Manusia Masih Bisa Bertahan Hidup

. . Tidak ada komentar:
Menjaga semua organ tubuh tetap sehat dan utuh tentu saja sangat penting jika kita ingin hidup panjang umur. Tahukah Anda bahwa ada beberapa organ tubuh manusia meski telah dihilangkan (secara operasi), sejatinya masih akan bertahan hidup?. Untuk sekedar menambah wawasan dan pengetahuan kita, berikut adalah beberapa organ tubuh tersebut:
Organ tubuh manusia
Ilustrasi organ tubuh manusia by thoughtco.com
Paru-paru
Tahukah Anda bahwasanya Paus Fransiskus hanya memiliki satu paru-paru di tubuhnya?. Paru-parunya telah diangkat saat ia masih berusia remaja, diduga karena suatu infeksi. Sang Paus, adalah bukti hidup bahwasanya kita masih dapat hidup meski dengan satu paru saja.

Para ahli mengatakan bahwa paru-paru yang tersisa membentuk ketidakadaan pasangannya dengan meningkatkan ukurannya guna mengakomodasi lebih banyak udara. Biasanya, hanya memiliki satu paru-paru tidak akan menghalangi seseorang untuk memiliki kehidupan normal, meskipun sangat disarankan agar tidak terlibat dalam olahraga berat atau olahraga layaknya seseorang yang memiliki paru-parunya utuh.

Ginjal
Bukan rahasia bahwa kebanyakan orang memiliki dua ginjal. Namun ada beberapa orang yang memang terlahir hanya memiliki satu ginjal saja. Sementara ada sebagian lain memiliki satu ginjal lantaran diangkat melalui operasi pembedahan. Dalam kasus  tertentu ada juga kedua ginjal harus dihilangkan. Beberapa alasannya adalah karena akibat kerusakan ginjal dan kondisi yang diwariskan.

Otoritas kesehatan mengatakan bahwa meskipun seseorang dapat hidup tanpa kedua ginjalnya, ia perlu ditempatkan pada dialisis yang melibatkan penggunaan mesin yang secara praktis menjalankan fungsi ginjal.

Lambung
Peranan lambung adalah memecah makanan secara mekanis dan dengan bantuan beberapa zat seperti asam dan enzim pencernaan. Karena semua nutrisi dalam makanan yang kita makan serta air diserap oleh usus kecil (kecuali alkohol yang diserap oleh lambung), kita masih bisa hidup meski tanpa lambung.

Kanker dan trauma adalah alasan paling umum mengapa lambung harus diangkat. Ahli bedah akan menyematkan ujung esofagus ke pembukaan usus kecil untuk menjaga kontinum utuh dari saluran pencernaan.

Limpa
Tepat di sebelah lambung kita adalah limpa yang bertugas mendaur ulang sel darah merah tua (RBCs) dan melawan bakteri yang dapat menyebabkan beberapa jenis infeksi seperti meningitis dan pneumonia.

Karena hati dan komponen-komponen tertentu dari sistem kekebalan tubuh dapat melakukan beberapa peran limpa, maka organ tersebut dapat dihilangkan secara medis. Alasan paling umum mengapa limpa dikeluarkan melalui pembedahan adalah trauma. Letaknya yang berada dekat dengan tulang rusuk, sehingga patah tulang rusuk dapat dengan mudah menyebabkan limpa menjadi pecah.

Kandung empedu
Kandung empedu terletak tepat di bawah hati, dan fungsi utamanya adalah sebagai ruang penyimpanan empedu, merupakan cairan yang diproduksi oleh hati dan diperlukan untuk pencernaan lemak.

Karena hati yang memproduksi empedu dibutuhkan oleh saluran pencernaan, tidak adanya kantong empedu seharusnya tidak menjadi masalah besar. Namun, memilih diet rendah lemak direkomendasikan oleh dokter. Konsumsi sesuatu yang berlemak dapat meninggalkan orang tanpa kandung empedu mengalami sakit perut dan juga sering buang air besar.

Organ reproduksi
Pada pria dan wanita, organ reproduksi kepala adalah testis dan ovarium. Penting untuk dicatat bahwa organ lain dari sistem reproduksi dapat diangkat secara operasi juga, seperti rahim.

Jelas, orang-orang tanpa organ reproduksinya tidak bisa lagi memiliki anak. Perhatikan bahwa beberapa organ reproduksi juga memproduksi dan mengeluarkan hormon - zat kimia yang mengarahkan sel atau jaringan untuk berperilaku dengan cara tertentu. Biasanya, terapi penggantian hormon diberlakukan setelah penghapusan beberapa organ reproduksi.

Komentar Anda