Home » Kesehatan» Hindari Penggunaan Obat Tetes Mata dalam Tiga Situasi Ini

Hindari Penggunaan Obat Tetes Mata dalam Tiga Situasi Ini

. . Tidak ada komentar:
Obat tetes mata praktis digunakan dimana saja dan kapan saja, bisa langsung digunakan ketika mata kita mengalami iritasi ringan seperti kering, merah atau terasa gatal. Disebut juga sebagai ‘artificial tears' atau air mata buatan , obat tetes mata bisa menjadi solusi cepat penyembuhan mata. Namun ada  beberapa situasi tertentu dimana kita harus menghindari penggunaannya. Adapun diantaranya adalah:
Obat tetes mata
Ilustrasi obat tetes mata
Jika Anda (kemungkinan) memiliki infeksi mata
Jika yang Anda alami adalah infeksi mata, maka penggunaan obat tetes mata tidak akan memiliki dampak signifikan atau bahkan justru bisa semakin parah.

Beberapa gejala kemungkinan Anda terkena infeksi mata seperti:  mata menjadi merah, kelopak mata bengkak, merasa seperti ada suatu objek yangmengganjal di mata, kotoran mata (belekan) yang tidak biasa, kekeringan atau bahkan keluar air mata secara berlebihan.

Obat tetes mata yang umum digunakan dalam hal ini tidak akan dapat mengobati infeksi semacam itu, dan jangan pula mencoba obat alami apa pun. Lebih baik segera periksakan diri ke dokter.

Tetes mata kadaluarsa
Ingat obat tetes mata sebaiknya digunakan dalam 30 hari setelah membelinya, bahkan meski tanggal kadaluarsanya tertulis masih lama. Jelas siapapun tidak akan mau menggunakan produk tetes mata yang sudah kadaluwarsa tanpa melihat dulu tanggal kadaluwarsanya. Perlu diingat bahwa sekali dibuka, obat tetes mata tersebut akan  langsungmenjadi sasaran empuk banyak bakteri dan jika digunakan lebih dari disarankan, justru dampaknya mata akan terkena infeksi.

Penggunaan berlebihan
Tetes mata tidak dapat digunakan dalam dosis harian. Melainkan hanya direkomendasikan saat merasa mata benar-benar sangat kering. Jika ternyata mata masih terasa kering selama beberapa hari, maka solusi terbaiknya adalah berobat ke dokter.

Anda juga harus menghindari penggunaan obat tetes mata terlalu banyak atau keseringan karena mengandung bahan yang dapat memengaruhi mata dalam jangka panjang. Alih-alih menggunakannya beberapa kali per hari, baiknya hindari dulu pemicunya misal terlalu sering menatap layar komputer..

Juga mata akan lebih sering kering jika Anda: menggunakan pelembab ruangan, seorang perokok, kekurangan Omega 3.

Komentar Anda