Home » Kesehatan» 4 Efek Buruk Makan Semangka Sebelum Tidur yang Patut Anda Tahu

4 Efek Buruk Makan Semangka Sebelum Tidur yang Patut Anda Tahu

. . Tidak ada komentar:
Di saat cuaca sedang panas, kita cenderung ingin makan yang segar-segar terutama buah-buahan. Hal ini wajar karena pada saat demikian tubuh sedang mengalami dehidrasi dan membutuhkan sesuatu untuk menghidrasi dirinya. Semangka adalah salah satu buah yang sering menjadi pilihan banyak orang.
Buah semangka segar
Buah semangka segar
Dalam sejarahnya, semangka telah dibudidayakan sejak zaman kuno selama ribuan tahun, dan bukti penanamannya ada di Mesir kuno. Mengonsumsi buah semangka memang memiliki manfaat baik buat kesehatan tubuh, namun ada saat-saat yang sebaiknya kita tidak disarankan untuk memakannya. Waktu tersebut adalah di malam hari atau saat kita hendak akan tidur. Apa alasannya kok tidak disarankan? Simak beberapa kemungkinan dampak buruknya berikut ini:

Membuat perut kembung - Meskipun tidak ada komplikasi serius yang bisa diakibatkan dari makan semangka sebelum tidur, namun ada dampak ketidaknyamanan yang mungkin bisa terjadi atau akan Anda alami. Kembung adalah salah satu efek negatif semangka jika Anda memakannya di sekitar waktu tidur, dan faktanya kebanyakan orang paling sering mengonsumsinya segera setelah makan malam. Secara umum, buah-buahan harus dimakan hanya pada saat perut kosong.

Mengalami sakit perut - Terlalu banyak vitamin C yang berasal dari buah semangka, terutama pada malam hari, dapat menyebabkan gejala seperti diare dan ketidaknyamanan gastrointestinal. Juga, lycopene dari komposisi buah ini dapat membuat Anda duduk semalaman di toilet. Jadi jangan sampai berlebihan ya...

Sering kencing di malam hari - Karena lebih dari 90% komposisi semangka adalah air, maka efeknya akan merasa perlu buang air kecil lebih sering. Dengan demikian, Anda bisa keluar masuk toilet berkali-kali sampai semua jumlah kelebihan cairan dihilangkan. Malam buang air kecil bisa sangat tidak menyenangkan, karena akan mengganggu kualitas tidur.

Mengganghu kenyamanan tidur - terakhir, makan semangka sebelum tidur dapat mengurangi jam tidur Anda. Dokter menyarankan menghindari minum cairan dan makan buah-buahan terutama yang mengandung banyak air seperti semangka sebelum tidur, karena Anda tidak akan bisa tidur dengan nyaman di malam hari. Untuk tidur tanpa masalah seperti itu, hindari makan semangka di malam hari. Nikmati buah ini setidaknya 3-4 jam sebelum tidur.

Komentar Anda