Home » Minyak Kelapa» Lima Kandungan Alami pada Minyak Kelapa dan Manfaatnya

Lima Kandungan Alami pada Minyak Kelapa dan Manfaatnya

. . Tidak ada komentar:
Menurut Database National Nutrient USDA sebagai Standar Referensi, minyak kelapa mengandung 0 kolesterol dan merupakan sumber energi, lipid, dan berbagai nutrisi lainnya. Juga mengandung berbagai vitamin dan mineral seperti vitamin E, vitamin K, kalsium, zink dan zat besi.
Minyak kelapa murni
Minyak kelapa murni
Lebih dari 90% minyak kelapa terdiri dari FFA atau asam lemak bebas, lemak jenuh. Sebuah penelitian terbaru oleh Laurene Boateng dkk. Menemukan bahwa minyak kelapa juga mengandung beberapa asam lemak tak jenuh, seperti asam lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak tak jenuh ganda.

1. Asam lemak jenuh
Kebanyakan darinya adalah trigliserida rantai menengah, yang seharusnya berasimilasi dengan baik ke dalam sistem tubuh.

Asam laurat: Ini adalah kontributor utama, mewakili lebih dari 40% total, diikuti oleh asam kaprat, asam kaprilat, asam miristat, dan asam palmitat. Tubuh manusia mengubah asam laurat menjadi monolaurin. Asam laurat sangat membantu dalam melawan virus dan penyakit.
Asam kaprat: Senyawa ini bereaksi dengan enzim tertentu yang disekresikan oleh bakteri lain, yang kemudian mengubahnya menjadi agen antimikroba yang kuat, monocaprin.
Caprylic acid, caproic acid, dan myristic acid: Kesemuanya kaya akan sifat antimikroba dan antijamur
Asam stearat: Asam ini memiliki sifat pembersihan dan pemadatan. Tidak heran jika kemudian digunakan untuk produk perawatan kulit.

2. Asam lemak tidak jenuh
Minyak kelapa mengandung asam lemak tak jenuh ganda - asam linoleat, asam lemak tak jenuh tunggal - asam oleat.

3. Polifenol
Kelapa mengandung asam galat, yang juga dikenal sebagai asam fenolat. Polifenol ini bertanggung jawab pada aroma dan rasa minyak kelapa. Minyak kelapa murni kaya akan polifenol ini.

4. Derivat asam lemak
Minyak kelapa juga mengandung betain, etanolamid, etoksilat, ester lemak, polisorbat lemak, monogliserida, dan ester poliol.

5. Derivat alkohol lemak
Selain dari asam lemak yang disebutkan di atas, minyak kelapa juga mengandung klorida lemak, alkohol lemak sulfat, dan alkohol lemak eter sulfat.

Penggunaan Minyak Kelapa

Penggunaan paling banyak minyak kelapa meliputi:
  • Pelembab kulit
  • Memelihara kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut
  • Aplikasi kuliner
  • Minyak pelarut (carrier oil)

Digunakan sebagai minyak pelarut:  Minyak pelarut (carrier oil) adalah minyak yang mudah menembus atau terserap ke dalam kulit, membantu perembesan atau penyerapan minyak lain (seperti minyak esensial) dan ekstrak herbal ketika dicampur ke dalamnya. Ia mudah diserap melalui pori-pori kulit dan digunakan sebagai minyak pelarut.

Lebih jauh lagi, sebagai salah satu minyak yang paling stabil, minyak kelapa tidak mudah tengik atau basi, juga tidak membiarkan minyak lain, ekstrak herbal, atau obat-obatan merusaknya. Juga tidak mengubah sifat asli minyak dan herbal yang dicampur dengannya. Melindungi herbal dan minyak dari interaksi mikroba atau jamur.

Di mana kita bisa mendapatkan minyak kelapa?

Minyak kelapa sudah banyak tersedia online dan di supermarket. Yang perlu Anda lakukan adalah memilih produk yang tepat berdasarkan kebutuhan.
  • Minyak kelapa ekstra virgin organik, tidak dimurnikan (unrefined)
  • Minyak kelapa murni organik, tidak dimurnikan (unrefined)
  • Minyak kelapa yang difraksionasi
  • Minyak kelapa olahan
  • Minyak kelapa murni untuk rambut dan kulit

Bagaimana Cara Menggunakan dan Menyimpan Minyak Kelapa?

Tidak seperti kebanyakan minyak lainnya, minyak kelapa memiliki titik leleh yang tinggi - sekitar 24 hingga 25 derajat Celsius atau 76-78 Fahrenheit. Oleh karena itu, padat pada suhu kamar dan meleleh hanya ketika suhu naik secara signifikan. Oleh karena itu tidak dianjurkan untuk disimpan di kulkas.

Jika Anda menggunakannya untuk tujuan topikal, terutama perawatan rambut, cukup cairkan minyak (jika sudah padat) dengan menempatkan wadahnya di bawah sinar matahari atau merendamnya dalam air hangat.

Anda juga bisa mengeluarkan sedikit minyak dan memasukkannya ke dalam mangkuk kecil dan menghangatkannya. Kemudian, ambil minyak di telapak tangan dan aplikasikan ke rambut Anda.

Anda dapat menggunakan minyak kelapa untuk memasak resep makanan khusus. Karena dapat dengan mudah menggantikan mentega atau minyak sayur.

Namun begitu, Anda tidak perlu sepenuhnya beralih ke minyak kelapa karena akan kehilangan manfaat lain dari minyak dan produk susu yang lebih tradisional.

Komentar Anda