Home » Kesehatan» Lima Fakta Kanker Payudara Pria yang Penting Anda Ketahui

Lima Fakta Kanker Payudara Pria yang Penting Anda Ketahui

. . Tidak ada komentar:
Kanker payudara pada pria
Kanker payudara pada pria
Secara umum kanker payudara biasanya identik dengan kaum hawa. Tapi faktanya, pria juga berisiko terkena kanker payudara sama halnya dengan wanita. Sama seperti jenis kanker lain, kanker payudara juga tergolong penyakit mematikan jika tidak dilakukan penanganan yang tepat dan segera. Untuk menambah wawasan kita tentang kanker payudara pada pria, berikut kami sajikan beberapa fakta yang penting untuk Anda ketahui:

1. Penyebab terjadinya kanker payudara
Setiap orang dilahirkan dengan sejumlah kecil jaringan payudara, pria dan wanita sama. Selama pubertas, bagaimanapun, perempuan tumbuh lebih banyak jaringan payudara dibandingkan dengan laki-laki. Namun, kenyataannya laki-laki juga masih tetap memiliki beberapa jaringan payudara, dan oleh karena itulah mengapa laki-laki juga memiliki kemungkinan menderita kanker payudara.

Namun demikian, dokter mengatakan bahwa kanker payudara pada pria cukup langka. Tetapi hal ini tidak menutup kemungkinan kanker tidak pernah bisa menyerang. Ketika beberapa sel payudara seorang pria mulai membelah diri lebih cepat dari biasanya, tumor dapat terbentuk yang dapat dengan mudah menyebar ke jaringan terdekat atau area lain di tubuh.

2. Orang yang berisiko terkena kanker payudara
Beberapa kasus kanker payudara pada wanita adalah karena gen yang bermutasi yang dapat ditularkan dari orang tua ke keturunannya. Jadi dengan kata lain, ada beberapa bentuk kanker payudara yang bisa diwariskan dalam keluarga. Hal yang sama juga berlaku pada jenis kanker payudara yang dapat dialami pria.

Jika Anda memiliki anggota keluarga, baik pria atau wanita, yang didiagnosis menderita kanker payudara, Anda mungkin berisiko mengalaminya juga. Faktor risiko lain kanker payudara pria, menurut para ahli, termasuk berusia 60 tahun atau lebih, paparan estrogen, obesitas dan penyakit hati.

3. Gejala kanker payudara
Tanda dan gejala kanker payudara pada wanita hampir sama dengan kanker payudara pada pria. Jika memiliki kanker payudara, Anda mungkin dapat memperhatikan adanya benjolan di jaringan payudara. Kulit payudara juga dapat berubah secara penampilan, biasanya dilihat secara kasat mata akan berbentuk lesung atau kemerahan.

Melihat keluarnya cairan dari puting juga merupakan tanda nyata kanker payudara pada laki-laki. Sehingga sangat penting, bahkan laki-laki juga harus sangat jeli jika mereka ingin mendeteksi kanker payudara sejak dini.

4. Diagnosis kanker payudara
Ada sejumlah pemeriksaan dan prosedur diagnostik yang tersedia untuk menentukan keberadaan kanker payudara pada pria. Pemeriksaan payudara klinis dan penggunaan alat pencitraan adalah beberapa di antaranya. Biopsi, yaitu penghilangan sel payudara untuk pengujian, juga biasa dilakukan.

Setelah ditemukan adanya kanker payudara pada seorang pria mulai terbentuk, menentukan luasnya adalah langkah selanjutnya. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan computerized tomography atau CT scan dan positron emission tomography atau PET scan. Pemindaian tulang juga bisa dilakukan.

5. Pengobatan kanker payudara
Sama seperti kanker payudara pada wanita, kanker payudara laki-laki lebih mudah diobati selama masih tahap awal. Dalam mengobati kanker payudara laki-laki, dokter pertama-tama harus menetapkan hal-hal tertentu seperti stadium kanker, status kesehatan keseluruhan individu dan juga preferensi pasien.

Melalui operasi, tumor serta jaringan di sekitarnya dihilangkan. Dalam beberapa kasus, semua jaringan payudara diangkat dan kadang-kadang puting dan areola juga. Kemoterapi adalah bentuk perawatan yang sering digunakan setelah operasi. Terapi radiasi dan hormon adalah pilihan perawatan lain.

Komentar Anda