Home » Kesehatan» Pengetahuan Umum» 7 Manfaat Istimewa Mangga Mentah yang Tak Banyak Diketahui

7 Manfaat Istimewa Mangga Mentah yang Tak Banyak Diketahui

. . Tidak ada komentar:
Di beberapa tempat, mangga bahkan memiliki julukan khusus sebagai 'rajanya buah'. Selain rasanya yang lezat, mangga juga menawarkan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia.
 
Manfaat buah mangga bagi kesehatan
Buah mangga
Mangga hijau (mentah) dikenal karena nilai gizinya yang tinggi. Mangga hijau yang masih mentah adalah sumber Vitamin C melimpah, yang secara komparatif lebih banyak dari mangga yang sudah matang. Juga, mangga hijau merupakan sumber kaya pektin yang baik untuk kesehatan ginjal.

Mangga mentah rasanya asam karena adanya asam sitrat, oksalat, dan asam suksinat. Di bawah ini adalah beberapa manfaat istimewa mangga hijau bagi kesehatan.

Manfaat Kesehatan Mangga Mentah

1. Menurunkan Kolesterol
Konsumsi mangga secara teratur dapat menjaga kadar kolesterol tetap terkendali. Kandungan vitamin C, serat dan pektin yang tinggi di mangga membantu menurunkan kadar kolesterol seseorang, terutama kolesterol LDL 'jahat' dan trigliserida dalam darah. Selain itu, mangga juga bantu tingkatkan kolesterol HDL 'baik' dalam tubuh.

Tak hanya itu, mangga adalah sumber potasium kaya, yang membantu dalam melancarkan aliran darah dalam sistem saraf, dan pada gilirannya memengaruhi tekanan darah dan detak jantung tetap normal. Hal ini juga mampu mengurangi risiko stroke dan serangan jantung.

2. Meningkatkan Pencernaan
Jika Anda sering mengalami kembung, mungkin itu karena ada masalah pada pencernaan. Mangga hijau mengandung serat dan senyawa yang dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Jadi untuk meningkatkan kesehatan pencernaan, Anda dapat mengonsumsi mangga setiap hari.

3. Mencegah Heat Stroke
Untuk mengurangi risiko kita menderita serangan panas, penting untuk mempertahankan tingkat cairan dalam tubuh. Mangga adalah sumber kaya potasium, yang membantu menjaga kadar natrium, dan pada gilirannya dapat mengontrol tingkat cairan tubuh, sehingga melindungi kita dari serangan panas.

Selama musim kemarau, Anda dapat mengkonsumsi mangga mentah atau mangga matang setiap hari untuk membantu mendinginkan dan merehidrasi tubuh secara mudah dan alami.

Anda bisa membuat minuman sehat menggunakan mangga untuk mencegah serangan panas. Rebus 2 mangga mentah dalam 2 gelas air sampai menjadi lunak. Setelah dingin, peras daging buah mangga yang direbus dan campurkan dengan segelas air dingin. Tambahkan gula secukupnya. Minumlah setidaknya 1-2 kali sehari.

4. Mencegah Skorbut
Skorbut atau scurvy disebabkan oleh kekurangan vitamin C. Namun, dapat dicegah dengan mengkonsumsi banyak mangga mentah di musim panas.

5. Pengobatan Gangguan Gastro-Intestinal
Mangga yang belum matang merupakan sumber pektin yang tinggi, yang jika dicampur dengan garam dan madu, sangat bermanfaat dalam mengobati gangguan gastro-intestinal. Selain itu juga dianggap sebagai obat yang sangat efektif untuk wasir, diare, dispepsia kronis, morning sickness, sembelit dan gangguan pencernaan.

6. Obat untuk Gangguan Hati
Mangga mentah membantu dalam pengobatan gangguan hati karena kemampuannya dalam membersihkan usus dari infeksi bakteri dan meningkatkan sekresi asam empedu. Mangga  mentah mengandung lebih banyak vitamin C dan antioksidan daripada yang sudah matang. Sifat antioksidan ini membantu melindungi tubuh dari penyakit kardiovaskular dan kanker.

7. Penurunan Berat Badan
Mangga mentah adalah salah satu buah terbaik yang bisa Anda konsumsi saat ingin menurunkan lemak berlebih dalam tubuh. Mangga yang masih mentah jauh lebih baik dibandingkan dengan mangga matang karena mengandung banyak gula.

Komentar Anda