Home » Kesehatan» 6 Tips Penting Jaga Berat Badan bagi Wanita Di Atas 40 Tahun

6 Tips Penting Jaga Berat Badan bagi Wanita Di Atas 40 Tahun

. . Tidak ada komentar:
Sekarang jika Anda telah mencapai usia 40-an, mungkin akan terlihat perubahan dalam tubuh Anda yang tidak pernah ada atau alami sebelumnya. Tanda-tanda tersebut bisa saja seperti penambahan berat badan yang tidak proporsional, garis kerutan, atau mood yang cepat berubah-ubah.
Menjaga berat badan di usia 40-an
Menjaga berat badan di usia 40-an
Meskipun semua itu adalah bagian dari penuaan, kenaikan berat badan dalam hal ini mungkin lebih membuat Anda frustrasi tanpa akhir. Pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana kita bisa menurunkan atau setidaknya menjaga berat badan normal pada usia ini, 40 tahun ke atas?.  Beberapa hal penting yang harus Anda lakukan antara lain:

Kurangi jumlah konsumsi makanan
Tidak peduli makanan apa yang Anda makan, tujuan utama di sini adalah untuk mengurangi konsumsi makanan sebanyak mungkin. Jadi menjalani pola hidup dengan diet sehat adalah yang terbaik, tetapi dalam hal ini Anda tidak perlu melakukan diet ekstrem untuk mengurangi berat badan. Anda masih bisa makan makanan yang Anda suka, tetapi pastikan untuk menakar jumlahnya dalam porsi kecil.

Mempertimbangkan kembali asupan nutrisi
Menjaga konsumsi karbohidrat tetap teratur sangat dianjurkan karena ini dapat mencegah resistensi yang berkaitan dengan usia terhadap insulin, sekaligus menjaga kadar gula darah kita tetap stabil. Pada titik ini, menambahkan lebih banyak protein dianjurkan untuk mengendalikan rasa lapar dengan menjaga perut tetap penuh selama berjam-jam.

Setel ulang hormon
Hal lain yang akan Anda hadapi ketika sudah berusia empat puluhan ke atas adalah ada kemungkinan hormon dapat rusak. Ini karena seseorang mendekati tahap menopause di mana kadar estrogen akan turun yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam tingkat hormon. Anda akan menghadapi perubahan suasana hati, penambahan berat badan, dan semacamnya. Selain mengubah pola makan, sangat dianjurkan pula untuk mengurangi tingkat stres karena ini juga dapat memengaruhi hormon dalam tubuh.

Pilih suguhan dengan bijak
Ketika masih remaja kita bebas mengonsumsi jenis makanan apapun yang kita sukai, namun kini waktu telah berubah. Tubuh tidak akan dapat memetabolisme jumlah makanan yang telah Anda makan seperti sebelumnya. Dan kali ini, Anda harus memilih makanan Anda dengan bijak. Alih-alih mengemil keripik asin, atau menikmati permen cokelat, pilihan yang lebih baik adalah mengonsumsilebih banyak buah atau salad. Tidak hanya lezat, tetapi juga bergizi dan dapat mengendalikan rasa lapar.

Olahraga
Pastikan untuk berolahraga secara teratur guna membantu Anda menurunkan berat badan di usia ini. Berolahraga diperlukan untuk meningkatkan aliran darah, memperkuat otot-otot, dan bahkan melawan radikal bebas dalam tubuh. Berolaharagalah secara teratur setiap hari, misalnya di pagi hari, jangan sampai putus.

Penuhi asupan air putih
Saat ini, kita cenderung lebih banyak menikmati minuman buatan berpengawet seperti jus kemasan atau energy drink, dan sejenisnya. Sayangnya, kebiasaan kita ini juga berkontribusi pada jumlah kalori yang kita konsumsi. Jika Anda ingin menghindari masalah ini, tetap dengan air putih biasa minum sebagai opsi sehatnya. Air putih juga dapat membantu membersihkan racun dalam tubuh.

Komentar Anda