Home » Pengetahuan Umum» Tahukah Anda?» 7 Fakta Unik di Dunia yang Terdengar Seperti Tidak Masuk Akal

7 Fakta Unik di Dunia yang Terdengar Seperti Tidak Masuk Akal

. . Tidak ada komentar:
Ketika berita hoaks sudah menyebar dengan begitu cepatnya di berbagai platform media sosial, agaknya sulit untuk membedakan antara kebenaran dan kepalsuan. Tapi, tidak semua hal yang sulit dipercaya selalu salah. Seringkali logika kita lebih berpihak dalam bertindak sehingga tidak begitu saja membiarkan kita mempercayai sesuatu hal bahkan meski sebenarnya adalah fakta lantaran terdengar  tidak biasa. Contoh misalnya, tahukah Anda bahwa kebanyakan kopi bubuk tidak dapat diminum oleh mereka yang alergi terhadap kecoak?. Tidak hanya itu, masih ada fakta unik lainnya. Berikut kami rangkum dalam daftar tujuh fakta unik di dunia yang terdengar tidak masuk akal tetapi kenyataannya 100% benar.

1.  Kita dapat menanam kembali gigi yang rontok dengan menempatkannya ke gusi semula.  Lambat laun akan melekat dan tumbuh normal
Fakta unik di dunia tentang gigi

Bahkan meskipun sudah usia dewasa, Anda masih dapat menanamkannya kembali, tidak perlu memasang gigi palsu. Dokter gigi menyebut gigi yang akibat trauma/kecelakaan sebagai gigi “avulsi”. Jika Anda berhati-hati dan bertindak cepat ketika gigi rontok, Anda bisa menanamnya kembali dan akhirnya ia akan menempel ke tulang seperti semula. Pertama, ambil gigi yang copot dan cobalah masukkan kembali ke soketnya di gusi, beri tekanan lembut. Jika kotor, bersihkan dengan susu — jangan menggunakan air keran. Juga, perlu untuk menjaga gigi tetap lembab selama waktu yang dibutuhkan untuk menemui  dokter gigi (cobalah untuk mencapai dokter gigi dalam waktu tidak kurang dari tiga puluh menit karena seluruh proses penanaman kembali harus dilakukan dalam satu jam). Jika gigi tidak bisa masuk ke soket dengan mudah, letakkan dahulu dalam secangkir susu. Hindari menyentuh akar gigi dan pegang hanya dengan bagian mahkotanya saja.

2. Segera setelah Saddam Hussein menjadi Presiden Irak pada tahun 1980, ia diberi kunci ke kota Detroit, Amerika Serikat.
Fakta unik di dunia tentang Saddam Hussein

Fakta unik di dunia lainnya, ketika Pendeta Jacob Yasso dari Gereja Chaldean Sacred Heart mengucapkan selamat kepada Saddam Hussein atas terpilihnya menjadi Presiden Irak pada tahun 1979, dia tidak tahu bahwa gerejanya akan menerima sumbangan sebesar 250.000 dolar sebagai imbalannya. Setahun kemudian, Pendeta dan beberapa orang lainnya melakukan perjalanan ke Baghdad sebagai tamu dari pemerintah Irak ketika mereka diundang ke istana Saddam Hussein.

Saat itulah sang Pendeta, bertindak sesuai dengan amanah dari Walikota Detroit, Coleman Young, memberikan kunci ke kota untuk Hussein. Menanggapi sikap ini, Hussein menyumbangkan 200.000 dolar lagi kepada gereja setelah bertanya kepada Pendeta, “Saya mendengar gereja Anda memiliki hutang. Berapa total biayanya? ”Pada tahun 2003, Pendeta yang sama menyebut Hussein sebagai “ boneka Amerika ” .


3. Kebanyakan orang Korea tidak memiliki bau badan.
Fakta unik di dunia tentang orang Korea

Bau badan diketahui memiliki dasar genetik yang kuat, dan sebagian besar orang Korea tidak memiliki gen bau badan. Gen ABCC11 non-fungsional dominan di sebagian besar orang Asia Timur, kebanyakan adalah orang Korea. Gen ini tidak hanya mempengaruhi bau badan seseorang tetapi juga jenis kotoran telinga yang dihasilkan telinga itu sendiri. Sementara sebagian besar orang di dunia memiliki kotoran telinga tipe basah, orang Korea memiliki kotoran telinga jenis kering. Meskipun begitu mereka tetap berkeringat, hanya saja tidak menghasilkan bau.

Banyak akun wisatawan berbicara tentang betapa sulitnya menemukan deodoran di Seoul karena kebanyakan orang Korea tidak menggunakan deodoran. Ketika ada seorang bintang pop Korea mengaku menggunakan deodoran dalam sebuah acara, penonton tertawa dan bersorak riang dengan mengatakan  “Benarkah!” , “ Itu tidak biasa!”.  Di sisi lain, sekitar 2% orang Eropa juga kekurangan gen yang menghasilkan bau tubuh tersebut.

4. Seorang anak veteran Perang Sipil yang berusia 88 tahun menerima uang setiap bulan dari pemerintah atas pengabdian ayahnya 153 tahun yang lalu.
Fakta unik tentang perang Sipil Amerika

Irene Triplett mendapatkan pesangon $ 73,13 setiap bulan dari pemerintah AS berkat jasa pengabdian ayahnya dalam Perang Sipil yang berakhir pada 1865. Dia adalah penerima santunan Perang Sipil terakhir yang berhak atas pensiun sesuai mandat Title 38 of the United States Code yang menyatakan bahwa ketika pasangan suami istri veteran Perang Sipil yang telah mengabdi selama lebih dari 90 hari tidak lagi hidup, anak-anaknya berhak atas santunannya. Saudara laki-laki Irene meninggal, jadi dia sekarang adalah penerima santunan.

Akan tetapi mungkin banyak orang  bertanya-tanya bagaimana hal tersebut bisa terjadi?. Itu karena Mose Triplett, veteran Perang Saudara, menikahi seorang wanita bernama Elida Hall yang 50 tahun lebih muda darinya. Ketika Irene lahir pada 1930, ayahnya Mose berusia 83 tahun. Ketika Perang Sipil berakhir, Mose Triplett baru berusia  18 tahun.



5. Presiden Amerika Serikat ke-10, John Tyler, lahir pada tahun 1790 tetapi memiliki dua cucu yang hidup hingga  2017
Fakta unik tentang Presiden John Tyler

Lyon Gardiner Tyler Jr. lahir pada tahun 1924 dan Harrison Ruffin Tyler yang lahir pada tahun 1928 adalah cucu dari John Tyler,  presiden ke- 10 Amerika Serikat. Ini karena istri pertama John Tyler meninggal dan dia menikah lagi. Ketika dia berusia 63 tahun, istrinya melahirkan ayah Lyon dan Harrison. Ayah mereka, Lyon Gardiner Tyler Sr. adalah salah satu dari 15 anak yang  John Tyler.

Nasib serupa  terulang oleh Tyler Sr. Istri pertamanya juga meninggal, dan dia menikah lagi. Ketika dia berusia 71 tahun, istrinya melahirkan Lyon Jr. dan empat tahun kemudian Harrison. Tidak jarang pria menikah dengan wanita yang jauh lebih muda darinya pada era John Tyler hidup. Dia meninggal pada tahun 1862.

6. Anda bisa dikatakan lebih kaya dari 15% keseluruhan orang Amerika jika memiliki $10 di saku dan tidak memiliki utang.
Fakta unik tentang kemiskinan di Amerika

Federal Reserve Bank of New York mengajukan laporan yang menyatakan bahwa 15,1% rumah tangga di Amerika Serikat memiliki kekayaan bersih yang kurang dari atau sama dengan nol pada tahun 2015. Persentase rumah tangga dengan "kekayaan non-positif" adalah 3-4% lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya, sebagaimana dihitung oleh berbagai organisasi. Laporan lebih lanjut menyatakan bahwa kepala rumah tangga ini (rata-rata usia 43-51) telah mengeluarkan utang dalam bentuk pinjaman atau kredit siswa ketika mereka masih muda. Ada beberapa rumah tangga yang memiliki kekayaan bersih negatif juga. Jadi, baik itu $10 atau $5, jika Anda memilikinya di saku sekarang, bisa dikatakan secara teknis lebih kaya daripada 15% populasi Amerika Serikat atau sekitar 50 juta orang. (sumber)

7. Jamur menghirup oksigen dan karbon dioksida yang membuatnya lebih mirip dengan hewan daripada tumbuhan.
Fakta unik tentang jamur

Fakta unik di dunia berikutnya berkaitan dengan tumbuhan. Tahukah Anda, melalui analisis filogenetik molekuler, telah ditemukan bahwa jamur lebih terkait erat dengan hewan tidak seperti bagaimana mereka secara umum diyakini seperti tumbuhan. Jamur tidak memiliki batang, sistem vaskular, akar, daun dan tidak melakukan fotosintesis. Dinding sel mereka mengandung chitin polisakarida yang merupakan konstituen utama dalam exoskeleton arthropoda. Komponen fungi, seperti Jamur, mengandung sama seperti yang ada dalam sel manusia seperti nukleotida, asam amino, niacin, vitamin dll. Seperti halnya manusia, jamur juga menghirup oksigen dan menghembuskan karbon dioksida.

Tahukah Anda beberapa jamur bersifat bioluminescent? Dan, beberapa fungi membentuk loop dan jerat untuk menjebak cacing nematoda dengan hifa-nya. Ketika nematoda melewati jerat ini, mereka akan mengencangkan dan menjebak cacing tersebut. Jamur juga dikenal melakukan simbiosis dengan banyak tumbuhan dan hewan.

Komentar Anda