Home » Kesehatan» Manfaat Unik Asam Jawa untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Manfaat Unik Asam Jawa untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

. . Tidak ada komentar:
Asam jawa untuk kesehatan
Asam jawa
Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan asam jawa yang banyak sekali tumbuh di sekitar kita. Buah asam yang memiliki rasa manis dan asam ini biasanya digunakan dalam menambah rasa pada sup dan hidangan tumis. Tetapi tahukah Anda bahwa mengonsumsi asam jawa sebenarnya juga memiliki beberapa kelebihan untuk kesehatan rambut dan kulit kita?. Berikut adalah beberapa manfaat unik asam jawa untuk kesehatan kulit dan rambut kita.

1. Exfoliasi (pengelupasan kulit mati)
Asam jawa sebenarnya dapat digunakan untuk membantu proses pengelupasan kulit guna menghilangkan kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Untuk ini, kita membutuhkan satu sendok teh garam batu, satu sendok teh bubur asam, dan satu sendok makan yogurt atau krim susu. Campurkan bahan-bahan tersebut ke dalam mangkuk lalu oleskan pada wajah. Pijat dengan gerakan memutar untuk membantu menghilangkan kulit mati dan meningkatkan sirkulasi darah. Anda harus memijat wajah selama lima hingga tujuh menit untuk benar-benar menyingkirkan kulit mati dan cuci muka setelahnya. Perawatan ini harus dilakukan dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Pencernaan (yang berdampak pada kulit)
Manfaat lain yang terkait dengan asam adalah manfaatnya yang bagus  untuk pencernaan. Salah satu alasannya adalah asam jawa memiliki komponen pencahar alami yang membantu melancarkan proses pencernaan di dalam usus. Juga, dapat merangsang pencernaan sehingga makanan yang kita konsumsi dapat dipecah untuk penyerapan lebih cepat di dalam tubuh. Ketika ada cukup banyak nutrisi yang diserap oleh tubuh, maka dampaknya kulit akan merespon hal ini dengan tetap halus, lentur, dan bahkan bebas dari segala cacat.

3. Mencegah kerontokan
Asam jawa diketahui dapat membantu memperkuat rambut sehingga mencegahnya dari kerontokan permanen. Untuk ini, kita membutuhkan 15 gram bubur  asam. Pertama, rendam asam dalam air selama sekitar 10 menit, lalu cairannya bisa kita manfaatkan. Pijatkan larutan ini pada rambut dan kulit kepala Anda. Ambil handuk bersih dan celupkan ke dalam air hangat. Peras airnya lalu bungkus di sekitar kepala untuk menutupi rambut Anda. Biarkan larutan asamnya selama setengah jam. Bilas rambut setelahnya dengan menggunakan sampo dan kondisiener favorit Anda guna menjaga kelembapannya. Anda dapat mengulangi perawatan ini dua kali seminggu untuk membantu memperkuat rambut.

4. Mengontrol gula darah
Jika Anda rentan jerawat karena kadar gula darah yang fluktuatif, perlu menambahkan asam jawa ke dalam diet harian Anda. Hal ini karena asam jawa memiliki kemampuan alami  untuk mengurangi resistensi insulin yang dapat membantu mengatur kadar gula dalam darah. Setelah gula darah stabil, efeknya dapat meminimalisir munculnya jerawat dan menghaluskan kulit.

5. Menghilangkan bercak gelap di leher
Kebanyakan perempuan lebih merasa terganggu dengan bercak gelap di lehernya karena dapat mengurangi rasa percaya diri. Memang ada solusi pemutihan kimiawi tersedia tetapi terkadang efek sampingnya bisa lebih berbahaya daripada hasil yang didapatkan. Untungnya, asam jawa dapat membantu memecahkan masalah ini. Untuk menyiapkan perawatannya, kita membutuhkan satu sendok teh madu, satu sendok teh konsentrat asam, dan satu sendok teh air mawar. Campurkan ketiga bahan secara menyeluruh dan gunakan di leher lalu biarkan selama 20 menit. Anda bisa mencucinya dengan air hangat atau dengan air mawar. Ulangi perawatan ini seminggu sekali selama dua bulan untuk membantu mengurangi bercak gelap secara signifikan. Obat ini aman digunakan dan dapat menghasilkan hasil yang positif.

Komentar Anda