Home » Kecantikan» Kesehatan» Cara Menggunakan Rosemary untuk Mengobati Kerontokan Rambut

Cara Menggunakan Rosemary untuk Mengobati Kerontokan Rambut

. . Tidak ada komentar:
Minyak rosemary untuk rambut
Minyak rosemary untuk rambut
Tentu semua orang ingin agar rambutnya senantiasa sehat dan berkilau, namun karena beberapa faktor seperti paparan sinar matahari, penggunaan produk kosmetik yang tidak tepat, atau bahkan dari jenis makanan tertentu yang kita makan, seringkali kesehatan rambut menjadi terganggu dan mudah rapuh.

Dibanding perempuan, rambut rontok (alopecia) sebenarnya lebih umum dialami laki-laki yang merupakan hasil dari banyak faktor. Tetapi menurut sebuah studi, rosemary dapat digunakan secara efektif untuk mengobati penyebab dari kerontokan ini. Oleh karena itu, penting untuk mengobati penyebab utamanya dan bukan hanya gejala itu sendiri.

Rosemary untuk mengobati kerontokan rambut
Ada sebuah penelitian yang menguji 100 pria dengan alopecia androgenetik. Dalam studi tersebut, 50 pria dirawat dengan obat sintetis yang digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut. 50 pria lainnya dirawat dengan minyak rosemary. Enam bulan kemudian, para peneliti menemukan bahwa kedua perawatan tersebut menyebabkan pertumbuhan rambut. Ini berarti bahwa minyak rosemary sama efektifnya dengan obat sintetis - tetapi lebih aman.

Cara menggunakan rosemary untuk pertumbuhan rambut
Meskipun masih dalam penelitian tentang bagaimana cara kerja rosemary untuk rambut rontok, fakta menunjukkan bahwa mengoleskan minyak rosmery pada kulit kepala terbukti dapat meningkatkan sirkulasi darah. Berikut beberapa tahapan penggunaan rosemery untuk merangsang dan meningkatkan kesehatan rambut:

1. Shampo harian
Untuk merawat rambut, tambahkan minyak rosemary esensial dalam sampo atau kondisioner. Gunakan 10-12 tetes minyak untuk masing-masing dua produk ini.

Bahkan bisa juga dengan mengolah tanaman rosemery langsung. Tempatkan sekitar 1 liter air suling dalam panci besar. Rebus air tersebut dan campurkan 1-2 lembar daun rosemary kering berukuran besar dalam air mendidih (jika menggunakan rosemary segar, maka Anda harus menggandakan jumlahnya karena tanaman kering lebih terkonsentrasi). Matikan kompor dan biarkan rosemary di air setidaknya selama 5 jam. Tuangkan infus rosemary ke dalam stoples kaca dan simpan di kulkas. Gunakan infus ini untuk membilas rambut Anda.

2. Pijat setiap hari
Gunakan minyak rosemary untuk pijatan harian guna merangsang pertumbuhan rambut. Tambahkan 3-4 tetes minyak rosemary ke sesendok minyak jojoba atau minyak zaitun. Anda juga bisa memadukannya dengan minyak mint esensial (yang juga efektif untuk pertumbuhan rambut).

3. Manjakan diri Anda dengan minyak panas sekali atau dua kali seminggu
Seminggu sekali, gunakan minyak rambut panas dan perawatan kulit kepala. Campur beberapa sendok makan minyak oranye (atau minyak kelapa) dan beberapa tetes minyak rosemary esensial dan beberapa sendok minyak zaitun dalam pot gelas kecil yang ada tutupnya. Tempatkan toples tersebut di tempatnya dengan air panas sampai minyak menjadi panas. Oleskan minyak pada rambut dan kulit kepala lalu pijat dengan lembut. Tutupi rambut dengan handuk basah dan biarkan selama 30-40 menit.

Komentar Anda