Home » Pengetahuan Umum» 8 Hal yang Harus Dilakukan Jika Tersedak Tulang Ikan

8 Hal yang Harus Dilakukan Jika Tersedak Tulang Ikan

. . 1 komentar:
Tersedak tulang ikan
Tersedak tulang ikan
Pertama-tama, perlu diingat bahwa jangan sampai terbawa  panik, karena jarang terjadi kasus seseorang tersedak tulang ikan hingga berakibat fatal kecuali hanya perasaan tidak nyaman di tenggorokan. Panik justru hanya akan membuat segala sesuatunya menjadi semakin parah dan sulit ditangani. Cobalah tetap tenangkan diri dan ikuti solusi pertolongan pertama berikut ini:

1. Solusi pertama dan paling berguna adalah batuk dengan kuat, guna menggerakkan tulang keluar dari tenggorokan. Cara ini memungkinkan tulang ikan keluar sendirinya akibat tekanan udara dari batuk itu sendiri .

2. Masukkan sedikit garam ke dalam segelas air lalu minum sekaligus dalam jumlah tegukan besar. Metode ini bekerja terutama untuk tulang berukuran kecil yang akan ikut terkilir dan terangkut ke lambung oleh air.

3. Ini merupakan salah satu cara paling efektif untuk menyingkirkan tulang ikan yang menempel di tenggorokan Anda: Ambil sepotong roti  (yang memiliki tekstur lebih halus, lebih baik), kunyah sedikit, lalu telan. Tulang ikan akan menempel padanya atau ia akan menekuk ke dalamnya dan akan tertarik ke dalam perut. Agar metode ini bekerja lebih efektif,  oleskan sedikit selai kacang di permukaan roti, agar tulang lebih mudah menempel.

4. Rebus beberapa buah zaitun dalam 200 ml air dan kemudian minum perlahan-lahan, selagi masih hangat. Cara pengobatan ini berguna dalam melembutkan tulang dan membuatnya lebih mudah keluar dari tenggorokan hanya dalam beberapa menit.

5. Rebus beras sampai menjadi cukup lengket lalu telan satu sendok tanpa mengunyahnya.

6. Ambil sepotong pisang lalu taruh sampai memenuhi mulut (jangan ditelan dulu) selama beberapa menit agar lunak, lalu telan seperti  biasa. Boleh minum seteguk air untuk membantu mendorong pisang masuk ke dalam. Cara ini biasanya bekerja efektif dan tulang ikan akan langsung ikut terdorong masuk ke dalam.

7. Makan kacang tanah, jenis kacang-kacangan lain atau almond. Kunyah dengan cepat lalu segera telan. Teksturnya yang unik akan membantu menghilangkan tulang ikan dari leher.

8. Salah satu metode paling populer di China adalah minum sedikit cuka encer. Fungsinya adalah untuk melembutkan tulang sehingga akan menjadi lebih mudah untuk menghilangkannya.
Loading...

Komentar Anda


Teh Hijau Lemon yang Menyehatkan mengatakan:

Pernah juga duri ikan nyangkut seperti itu. Namun, saya minum air hangat terus bisa masuk ke lambung. Tipsnya bagus. Bisa dicoba jika mengalami seperti itu.