Home » Teknologi» Panduan Memilih Charger Ponsel Mobil yang Terbaik dan Awet

Panduan Memilih Charger Ponsel Mobil yang Terbaik dan Awet

. . Tidak ada komentar:
Cara memilih charger ponsel
Charger ponsel haruslah kompetibel dengan tipe ponsel dan kendaraan
Pertimbangan paling penting ketika memilih charger ponsel mobil adalah memastikan bahwa pengisi daya yang Anda beli tersebut kompatibel dengan telepon dan juga kendaraan Anda.

Pertimbangkan pula kebutuhan Anda saat menentukan berbagai pengisi daya yang tersedia.

Putuskan apakah ingin menggunakan telepon saat sedang mengisi daya ataukah lebih suka pengisi daya yang menawarkan waktu pengisian lebih cepat. Beberapa pengisi daya juga menawarkan fitur tambahan seperti komunikasi hands-free.

Ada beberapa jenis pengisi daya ponsel mobil yang berbeda di pasaran saat ini, dan salah satu yang paling dikenal adalah pengisi daya universal (universal charger). Sesuai namanya, charger jenis ini memang kompatibel dengan ponsel apa pun, namun ada kekurangannya bahwa beberapa pengisi daya universal tidak berfungsi dengan baik pada semua merek ponsel. Sehingga disarankan agar memeriksa terlebih dahulu atau membeli charger ponsel mobil yang dirancang khusus untuk type ponsel Anda.

Jenis lain dari charger ponsel mobil adalah yang menggunakan kabel arus searah eliminator (DC) yang memungkinkan ponsel tetap dapat digunakan saat sedang mengisi daya. Penting diingat bahwa jenis pengisi daya ini tidak akan mengisi daya telepon ketika sedang digunakan untuk membuat atau menerima panggilan. Pengisi daya jenis ini dapat digunakan dengan mudah karena Anda tidak akan sampai terlewatkan panggilan penting ketika ponsel sedang diisi daya.

Jika Anda perlu menggunakan ponsel sembari mengisi daya baterai secara bersamaan, ada baiknya mempertimbangkan charger cepat (rapid charger). Pengisi daya ponsel mobil ini juga menawarkan waktu pengisian yang lebih singkat dan dapat sangat berguna dalam situasi dimana Anda mungkin memerlukan pengisian yang wajar dalam waktu singkat. Penting untuk diingat pula bahwa pengisi daya ini lebih rentan terhadap panas berlebih dan dapat merusak baterai ponsel jika terhubung dalam waktu lama.

Trickle charger bekerja dengan cara sama seperti charger sistem cepat. Perbedaan utama antara keduanya adalah trickle charger memiliki sensor khusus yang berhenti mengisi daya setelah baterai terisi penuh dan memutuskan arus kabel DC. Fitur ini membantu menghilangkan risiko panas berlebih, atau pengisian daya yang berlebihan pada ponsel Anda.

Pengisi daya ponsel mobil umumnya dicolokkan ke pemantik rokok mobil, tetapi beberapa mobil kini tidak lagi memiliki pemantik rokok sebagai perlengkapan standar. Kebanyakan pabrikan mobil memasang apa yang dikenal sebagai colokan tambahan, dan ini dapat digunakan dengan pengisi daya ponsel mobil. Pengisi daya tertentu memiliki adaptor khusus yang memungkinkan kita untuk menggunakannya dengan colokan tambahan atau dengan port universal serial bus (USB). Ini berarti telepon juga dapat diisi dengan menghubungkannya ke laptop.
Loading...

Komentar Anda