Home » Teknologi» Kenapa Ada Batasan 160 Karakter pada SMS, Apa Alasannya?

Kenapa Ada Batasan 160 Karakter pada SMS, Apa Alasannya?

. . Tidak ada komentar:
Kenapa Ada Batasan 160 Karakter pada SMS, Apa Alasannya?
Ilustrasi pesan singkat SMS
Kebanyakan operator telepon seluler menerapkan batas 160 karakter pada satu kali pengiriman layanan pesan singkat (SMS) dan akan terpotong jika melebihi batasan tersebut. Tahukah Anda, batasan tersebut sebenarnya tidaklah benar-benar pilihan terhadap operator: 160 karakter merupakan batasan yang dapat ditangani oleh jaringan sekaligus. Alih-alih menggunakan sistem utama untuk komunikasi telepon, SMS menggunakan saluran yang dirancang untuk mengirim paket kecil informasi antara ponsel dan menara seluler. Jadi batas SMS 160 karakter hanyalah konsekuensi dari penyerdehanaan saluran. Saluran ini dipilih sebagai basis untuk SMS karena sistem dapat diimplementasikan dengan mudah, serta memerlukan kebutuhan minimal untuk infrastruktur baru.

Dasar-Dasar Pesan Teks
Pesan SMS juga sering disebut sebagai "pesan teks," guna membedakannya dari pesan yang ditinggalkan oleh suara (pesan suara). Sebagian besar telepon seluler modern dapat mengirim dan menerima pesan-pesan ini dengan mudah. Keringkasan sering kali penting bagi sifat pesan, biasanya digunakan untuk mengirimkan catatan singkat yang mudah diketik dan cepat dikirim. Di sebagian besar dunia, pesan teks alfabet Latin dibatasi hingga 160 karakter masing-masing per sms, termasuk spasi.

Beberapa smartphone terbaru kadang-kadang dapat mengirim pesan yang lebih panjang yang muncul ke pengirim dan penerima dalam bentuk tunggal (satu kali sms), meskipun dalam banyak kasus sebenarnya pesan tersebut masih dipecah menjadi paket yang lebih kecil selama transmisi, kemudian disatukan kembali setelah pengiriman. Teknologi yang diperlukan untuk melakukan hal ini terus berkembang, tetapi banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa pesan yang mereka kirim sebenarnya terbatas. Dalam banyak kasus, operator akan menghitung jumlah pesan yang dikirim bukan oleh berapa kali pengguna menekan "kirim", tetapi pada berapa banyak paket 160 karakter telah terkirim.

Menara Komunikasi (Tower Communication)
Sebagian besar dari keterbatasan itu datang dari infrastruktur dasar. Ponsel didukung oleh jaringan menara yang bertanggung jawab menangani transmisi panggilan. Menara-menara ini terus berkomunikasi dengan ponsel yang didukung menggunakan frekuensi yang disebut saluran kontrol. Saluran kontrol digunakan untuk menyampaikan informasi tentang lokasi ponsel dan menara; ini juga digunakan untuk mengatur panggilan. Tidak seperti panggilan itu sendiri, proses ini hanya membutuhkan pertukaran informasi yang kecil. Ketika penyedia telepon seluler memutuskan untuk membuat sistem untuk mengirim pesan singkat, saluran ini mudah digunakan. Semua yang diperlukan adalah penambahan Pusat Layanan Pesan Singkat untuk menerima pesan dan mengarahkannya ke menara yang tepat pada waktu yang tepat.

Sistem itu dirancang oleh organisasi yang disebut Global System for Mobile Communications (GSM). GSM secara informal menganalisis jenis-jenis pesan yang orang kirim ke satu sama lain dan menyimpulkan bahwa orang tersebut akan menemukan layanan pesan yang tepat guna bahkan meski hanya mengirim antara 100 dan 200 karakter. Dibatasi oleh perangkat keras hingga batas 140 byte, atau 1120 bit, mereka merancang sistem yang dapat menyandikan sejumlah kecil karakter dengan masing-masing 7 bit. Hal ini kemudian menghasilkan ukuran transmisi maksimum 160 karakter.

Faktor Pembatas Lainnya
Batasan yang disebutkan di atas belum menjamin sepenuhnya, ada faktor-faktor tertentu lain yang dapat menurunkan atau memengaruhinya. Ketika pengguna mengirim pesan yang lebih panjang dengan menggabungkan sekelompok paket SMS, misalnya, batas pada paket individu ini biasanya dikurangi menjadi 153 karakter karena masing-masing juga harus mengandung metadata yang menggambarkan hubungannya dengan komponen lain dari pesan yang lebih besar. Pengguna SMS yang ingin berkomunikasi dengan huruf lain juga terbatas pada karakter yang lebih sedikit. SMS Cina, Arab, dan Cyrillic biasanya menggunakan enkode UTF-16, yang membutuhkan 16 bit per karakter dan dengan demikian memiliki batas SMS sebesar 70 karakter per pesan yang dikirim. Mengirim pesan bersambung menggunakan enkode UTF-16 mengurangi batas SMS ini menjadi 67 karakter dalam banyak kasus.
Loading...

Komentar Anda