Home » Lokal» Heboh Penemuan Gua Kristal Terbesar di Desa Jadi Tuban

Heboh Penemuan Gua Kristal Terbesar di Desa Jadi Tuban

. . Tidak ada komentar:
Penemuan gua baru di Desa Jadi Kec. Semanding Tuban
Penemuan gua baru di Desa Jadi Kec. Semanding Tuban

Sebuah gua alam baru-baru ini ditemukan penambang batu kumbung di perbukitan kapur Kabupaten Tuban. Lubang yang belum diketahui pasti ujungnya ini begitu indah dihiasi stalagmit dan stalagtit menyerupai kaca-kaca kristal. Kabar keindahan alam bawah tanah yang menjadi viral ini membuat banyak  orang tertarik untuk menyaksikannya.

Lokasi penambangan batu kumbung di perbukitan kapur Desa Jadi Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban belakangan mendadak ramai pengunjung, bukan untuk melihat proses penambangan batu melainkan para  pengunjung ini mayoritas datang ingin melihat gua kristal yang baru ditemukan.

Sebuah gua alam ditemukan tepat berada di bawah tanah penambangan batu pada kedalaman 20 meter,  untuk masuk ke dalam pengunjung harus menggunakan tangga dengan melewati lubang kecil secara bergantian meski masih gelap sesampainya di dalam gua pengunjung bisa menikmati keindahan alam berupa stalagmit dan stalagtit batuan indah menyerupai kaca kristal yang menghiasi hampir seluruh sudut atap gua.

Sementara hingga kini batas ujung gua belum diketahui, diperkirakan bagian dalam gua cukup luas dan panjang gua ini pertama kali ditemukan seorang penambang batu kumbung bernama Sudaryono (33).  Pada waktu itu, Sudaryono tengah beraktivitas seperti biasamemotong batu kapur. Tiba-tiba, muncul lubang kecil dengan tiupan angin sepoi dari dalam.

Karena penasarn, Sudaryono terus saja memperbesar diameter lubangnya sehingga dapat dimasuki oleh tubuh orang dewasa. Ditemani sejumlah warga, ia lalu masuk ke dalam menggunakan tangga untuk memastikan kondisi di bawahnya. Sangat kaget, ternyata lubang tersebut adalah gua yang berukuran cukup besar dan luas.

Dugaan sementara, gua itu diperkirakan memiliki panjang 250 meter meski masih ada kemungkinan ujung-ujung lain di dalamnya yang belum diketahui. Alhasil kabar temuan gua indah ini tersebar luas di media sosial. Sampai saat ini, lokasi masih sangat ramai didatangi pengunjung.
Loading...

Komentar Anda