Home » Pengetahuan Umum» Cara Membuat Sumur Sekaligus Penyaring Airnya Agar Bersih

Cara Membuat Sumur Sekaligus Penyaring Airnya Agar Bersih

. . Tidak ada komentar:
Air menjadi bagian penting dalam menjamin kelangsungan hidup bukan hanya manusia tetapi semua makhluk hidup di planet ini. Seperti yang sudah kita ketahui, tubuh manusia terdiri dari 70% air, yang berarti bahwa asupan air sangatlah penting bagi seseorang untuk bertahan hidup.

Namun, meskipun Bumi sebagian besar terdiri dari air, masih ada sebagian wilayah yang penduduknya kekurangan pasokan air yang layak untuk minum. Tutorial singkat ini mungkin bisa menjadi solusi alternatif yang efektif untuk Anda, cara membuat sumur (penampung air) sekaligus penyaringnya sehingga air menjadi bersih dan layak untuk digunakan.
Menggali tanah untuk sumber mata air
Dalam video yang diunggah oleh halaman Facebook, Blunt Kommunity, dua pria mula-mula terlihat tengah menggali lubang di tanah.

Beberapa saat kemudian dalam video, kedua orang itu akhirnya bisa menemukan sumber air. Karena air masih segar bercampur tanah, teksturnya pun masih kotor, warnanya tidak jelas dan kecokelatan.
Air masih nampak kotok dan keruh
Nampaknya kedua pria ini sudah menyiapkan solusinya sendiri guna mengatasi dilema ini. Hanya beberapa jarak dari lubang yang pertama kali mereka gali, mereka mulai menumpuk batu bata dan membentuk dua kotak - satu berukuran cukup besar dan yang lainnya lebih rendah dan lebih kecil dari yang lain.
Bagian tepinya dihaluskan agar rapi
Mereka lalu menghaluskan tepi tumpukan batu bata dengan menyemennya. Mereka bahkan hanya menggunakan bahan improvisasi (ide kreasi sendiri) untuk menyemen filter air tersebut. Selang berkuran kecil terpasang di kotak yang lebih besar untuk menghubungkannya dengan selang berukuran lebih kecil lagi.
Pompa sederhana buatan sendiri
Setelah benar-benar kering, keduanya kemudian melanjutkan dengan membuat pompa improvisasi sendiri untuk mempermudah pengambilan air dari sumur yang sebelumnya mereka gali.
Bahan-bahan penyaring air
Selanjutnya, mereka lalu mulai mempersiapkan bahan-bahan dan mengisi sistem filterisasi atau penyaring airnya. Adapun isinya termasuk arang, batu kecil yang diambil dari dasar sungai, pasir dari tepi sungai dan batu-batu besar. Semua ini dimasukkan ke dalam kotak besar dan sekarang sudah berfungsi sebagai sistem filter air improvisasi.

Keduanya bahkan juga menunjukkan bagaimana filter air buatannya secara efektif menyaring air yang semula keruh menjadi bening dan bersih yang dapat dimanfaatkan sebagai air mandi atau bahkan diminum dikala sedang kepepet.
Air menjadi bening dan bersih setelah melewati penyaringan
Kurang jelas penjelasan di atas, langsung disimak videonya di bawah ini:
Loading...

Komentar Anda