Home » Pengetahuan Umum» Cara Membuat Pestisida dari Bawang Putih, Ampuh Basmi Hama Ulat

Cara Membuat Pestisida dari Bawang Putih, Ampuh Basmi Hama Ulat

. . Tidak ada komentar:
Membuat pestisida alami dari bawang putih
Membuat pestisida alami dari bawang putih
Guna menghemat biaya yang diperlukan untuk membeli produk-produk sejenis fungisida dan insektisida buatan pabrik, sebenarnya kita juga bisa membuat sendiri pestisida alami dimana fungsi dan khasiatnya tidak kalah dengan pestisida yang dijual di toko-toko. Untuk membuat pestisida alami ini, adapun perlatan dan bahan yang diperlukan antara lain:

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah
  • 3 butir bawang putih 
  • mortar dan alu, untuk menumbuk bawang
  • sendok 
  • 1 sendok sabun cair 
  • 1 liter air botol mineral daur ulang 

Bagaimana cara membuatnya? 
dengan menggunakan mortar dan alu, tumbuklah bawang putih sampai menjadi lumat lembut kemudian campurkan dengan 1 liter air. Masukkan cairan ke dalam botol lalu simpan pada suhu kamar selama 24 jam sebelum dapat digunakan. Pestisida bawang putih harus digunakan tidak lebih dari 3 hari setelah proses penyimpanan.

Cara Menggunakan Pestisida Bawang Putih 
Untuk menggunakan pestisida alami dari bawang putih, kita bisa menggunakan alat semprot biasa. saring pestisida bawang putih dan masukkan ke dalam semprotan dan campurkan juga sabun cair ke dalam sprayer.

Pestisida organik siap digunakan, lakukan penyemprotan secara merata pada daun yang terlihat terkena hama misalnya ulat pemakan daun, semprot sampai daun basah oleh pestisida. Pestisida bawang putih juga bisa disiramkan ke tanah untuk mencegah hama datang dari tanah.

Mengapa menggunakan sabun cair dalam pestisida bawang putih? 
Fungsinya adalah untuk meningkatkan kerja pestisida saat disemprotkan pada tanaman yang memiliki daun berlilin seperti daun talas dan brokoli. Daun lilin akan sangat sulit menyerap pestisida karena air tidak akan menempel dan bahkan cenderung jatuh ke tanah setelah disemprot. Hal ini juga terjadi ketika kita menyemprot pestisida pada hama yang kulitnya ditutupi dengan lilin.

Sumber: Youtube

Komentar Anda