Home » Kesehatan» Tahukah Anda?» 6 Manfaat Lain Turunkan Berat Badan Selain Soal Penampilan

6 Manfaat Lain Turunkan Berat Badan Selain Soal Penampilan

. . Tidak ada komentar:
Berat tubuh yang ideal
Berat tubuh yang ideal
Bertentangan dengan keyakinan  banyak orang, pengurangan lemak berlebih di tubuh  tidak hanya ideal bagi mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas tetapi juga bagi orang-orang dengan diagnosis kondisi medis tertentu atau berisiko tinggi terhadapnya. Sehingga apapun kondisi kesehatannya, mencapai dan mempertahankan berat badan itu sangatlah terpenting.

Selain melulu soal penampilan, ada beberapa manfaat lain yang lebih penting terkait penurunan berat badan atau menjaga berat tubuh tetap ideal. Adapun diantaranya adalah:

Mengurangi Resiko Penyakit Jantung
Menurut dokter, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol jahat yang tinggi dianggap sebagai faktor risiko penyakit jantung.  Salah satu cara yang sangat efektif guna mengatasi kedua masalah tersebut adalah dengan menurunkan berat badan. Saat berat badan kita turun ke ideal, saat itu tekanan darah dan kadar kolesterol jahat  juga akan berkurang. Bahkan, mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas yang menderita hipertensi dan profil lipid tinggi dianjurkan untuk menurunkan berat badan berlebih.

Diabetes terkontrol
Komplikasi obesitas dan diabetes dapat membuat kondisinya jauh semakin buruk. Jika Anda didiagnosis menderita diabetes dan juga diberi tahu oleh dokter bahwa  ternyata juga kelebihan berat badan, maka sebaiknya Anda segera melakukan perubahan dengan  menghilangkan berat badan  tidak diinginkan tersebut sampai dicapai berat badan yang lebih ideal.

Menurunnya Nyeri Sendi dan Otot
mereka yang kelebihan berat badan atau obesitas akan lebih rentan mengalami sendi dan otot pegal dibanding orang normal lainnya. Itu karena sendi (terutama yang menahan beban seperti pergelangan kaki, lutut, dan pinggul) serta otot yang menopangnya terus-menerus bekerja berlebihan, membuatnya rentan menjadi sakit dan bengkak.

Peningkatan Kualitas Tidur
Apakah Anda menderita sleep apnea yang membuat tidur menjadi sesuatu hal yang tidak mengenakkan karena saat bangun pagi tubuh justru terasa capek dan lelah? Maka menurunkan berat badan berlebih juga bisa menjadi salah satu obatnya.

Para ahli mengatakan bahwa pengurangan berat badan berlebih dapat membantu mengatasi sleep apnea. Dan bahkan jika Anda tidak menderita gangguan tidur seperti itu sekalipun, mengurangi lemak berlebih dalam tubuh dapat membantu tidur lebih mudah serta jauh lebih baik. Faktanya, tidur malam yang nyenyak juga dapat mempermudah mempertahankan berat badan ideal.

Peningkatan Tingkat Energi
Karena beban berat badan yang jauh semakin berkurang,  maka pergerakan tubuh kita juga akan menjadi lebih energik. Hal ini juga dapat menciptakan siklus yang sehat , semakin aktif secara fisik, semakin sehat pulalah kondisi tubuh kita.

Ada sebuah fakta unik, bahwa  banyak dari orang yang berhasil mencapai dan mempertahankan berat badan idealnya juga menikmati vitalitas seksual baru yang lebih menggairahkan. Jadi dengan kata lain, menurunkan berat badan sama halnya dengan mengonsumsi afrodisiak alami.

Penampilan Kulit yang Lebih Sehat
Jika Anda termasuk orang yang sadar-kecantikan, Anda akan sangat senang mengetahui bahwasanya menurunkan berat badan tidak hanya mempercantik penampilan, tetapi juga kulit yang lebih cantik. Hal ini dapat dikaitkan dengan fakta bahwa penurunan berat badan didapat dengan menjalani ritual diet makan sehat, serta tubuh juga dipasok dengan vitamin, mineral dan antioksidan yang akan semakin mempercantik kulit.

Komentar Anda