Home » Kesehatan» Tahukah Anda?» 6 Alasan Makan Kacang-kacangan Baik untuk Kesehatan Anda

6 Alasan Makan Kacang-kacangan Baik untuk Kesehatan Anda

. . Tidak ada komentar:
Manfaat kacang-kacangan
Kacang-kacangan baik untuk kesehatan
Ada berbagai jenis kacang-kacangan yang tersedia di pasaran saat ini dan masing-masing memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan kita secara keseluruhan. Jika penasaran, apa sekiranya manfaat yang bisa didapat dengan mengonsumsi kacang-kacangan, berikut adalah enam diantaranya yang paling utama:

1. Mengandung asam lemak omega-3
Salah satu manfaat dari makan kacang adalah adanya kandungan asam lemak omega-3 yang dapat mencegah peradangan di tubuh. Kita tahu bahwasanya mengonsumsi asam lemak esensial dapat melawan peradangan kronis yang melindungi tubuh dari berbagai penyakit. Makan sejumlah kacang per hari juga bermanfaat dalam mengurangi kadar kolesterol sehingga tifak rentan terkena masalah jantung.

2. Kaya akan antioksidan
Antioksidan adalah suatu zat yang dapat melindungi tubuh kita dengan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh baik dari dalam maupun luar. Tanpa antioksidan ini, kita mungkin tidak dapat melindungi tubuh dari penuaan dini dan juga rentan terkena berbagai penyakit karena pada dasarnya tubuh tidak memiliki penghalang untuk melawan infeksi.

3. Mengurangi kadar kolesterol tinggi
Ada beberapa jenis kacang yang sebenarnya lebih efektif dalam mengurangi LDL atau kadar kolesterol jahat, sehingga kita lebih kecil berisiko terkena masalah jantung seperti stroke, tekanan darah tinggi, dan serangan jantung. Contoh bagus kacang yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat adalah kacang pecan. Makan kacang jenis ini tidak hanya dapat mengurangi kolesterol yang tinggi tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan tubuh melawan radikal bebas yang berpotensi menyebabkan kerusakan.

4. Kaya akan protein
Manfaat lain yang bisa kita dapat dari mengonsumsi kacang, seperti misalnya kacang kenari, adalah baik untuk perut karena protein yang dikandungnya. Kita tahu, protein dapat membantu mengisi perut bahkan meski hanya makan segenggamnya saja. Protein juga diperlukan berkaitan dengan perbaikan otot sehingga bisa menjadi suplemen tambahan yang baik untuk diet terutama dalam bentuk makanan ringan.

5. Kaya akan serat
Manfaat lain yang bisa kita peroleh dari memakan kacang adalah kaya serat yang baik untuk pencernaan. Serat diperlukan oleh pencernaan kita untuk memecah makanan yang ada di dalam usus, dapatkan semua nilai nutrisinya sehingga terserap ke dalam tubuh, lalu buang racun dan limbah lainnya. Makan kacang akan menyuplai tubuh dengan dosis harian gizi plus juga dapat membantu perut merasa kenyang selama berjam-jam.

6. Kaya akan selenium
Jika Anda menemukan kacang Brasil, pastikan bahwa Anda menyimpan beberapa karena kacang jenis ini merupakan salah satu kacang sehat yang pernah ada. Salah satu alasannya adalah kacang Brasil kaya akan selenium yang mempromosikan antioksidan dalam tubuh sehingga mampu melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. Beberapa ahli juga sepakat bahwa kacang jenis ini juga dapat membantu mengurangi risiko kanker.

Namun begitu perlu diingat pula bahwa apapun yang dikonsumsi secara berlebihan justru bisa tidak baik bagi kesehatan tubuh, termasuk kacang-kacangan ini. Oleh karena itu, bijaklah dalam menilai dan menakar segala sesuatunya.
Loading...

Komentar Anda