Home » Pendidikan» Pengetahuan Umum» Trik Matematika Ajaib untuk Mempercepat Perhitungan di Sekolah

Trik Matematika Ajaib untuk Mempercepat Perhitungan di Sekolah

. . Tidak ada komentar:
Sebagian orang menganggap Matematika sebagai mata pelajaran tersulit yang pernah mereka hadapi di sekolah. Bahkan tak sedikit matematika dianggap pula sebagai momok menakutkan dibanding beberapa mata pelajaran lainnya.

Meskipun telah ada penemuan yang dibuat untuk memudahkan perhitungan seperti kalkulator, Matematika masih tetap menjadi subjek yang sulit dari dulu dan bahkan hingga sekarang.

Nah, bagi para siswa yang sering bergumul dengan kelas Matematikanya, inilah beberapa trik ajaib yang bisa kalian gunakan untuk menyelesaikan masalah Matematika semudah menghitung 1-2-3.

1. Perkalian dengan 11
Trik perkalian matematika cepat angka 11
Ketika angka digit ganda dikalikan dengan 11, digit pertama dan terakhir dari jawabannya masih sama dengan yang diberikan. Sedangkan untuk digit tengah, yang harus kalian lakukan adalah menambahkan digit angka yang diberikan bersama-sama. Dah, itu saja.

2. Metode “Kupu-kupu”
Trik perkalian matematika kupu-kupu

Saat mengurangkan pecahan, cara termudah untuk menemukan jawabannya adalah dengan menggambar kupu-kupu di antara soal yang diberikan. Kemudian, kalikan kalikan secara menyilang pada bilangan pecahan dan taruh jawabannya di antena (sungut) kupu-kupu. Dengan mengalikan penyebut satu sama lain, sekarang kita mendapatkan penyebut untuk jawaban akhir. Untuk pembilang, kurangi saja jawaban yang kalian tulis sebelumnya di antena kupu-kupu. Lihat saja pada gambar supaya tifak bingung...

3. Perkalian dengan 12
Trik perkalian matematika angka 12
Dalam gambar tabel kelipatan 12 di atas, kalian dapat dengan mudah menghitungnya dengan mengalikan 1 pada angka selain 12 dan menyimpan hasilnya sebagai jawaban digit pertama nantinya. Kemudian, digit kedua dan digit berikutnya untuk melengkapi jawabannya adalah tambahan dari kelipatan 2. Contoh, 12 x 15 = (15 x 2 dan 15 x 1) => 15 + 3(0) = 180. Pelan-pelan, pahami dan biasakan...

Lihat video selengkapnya di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut:
Loading...

Komentar Anda