Home » Kesehatan» Pengetahuan Umum» Diet bagi Orang yang Mengalami Patah Tulang agar Cepat Sembuh

Diet bagi Orang yang Mengalami Patah Tulang agar Cepat Sembuh

. . Tidak ada komentar:
Patah tulang tangan
Patah tulang tangan
Tahukah Anda, tulang kita bisa melemah seiring bertambahnya usia. Jumlah kalsium dalam tubuh bisa turun seiring dengan bertambahnya usia seseorang, maka dalam keadaan seperti ini kerapuhan tulang rawan sekali terjadi. Tulang terkilir, patah tulang, dan sejenisnya pasti terjadi ketika tulang lemah atau bahkan setelah mengalami kecelakaan yang bisa memakan waktu berbulan-bulan untuk dapat sembuh sepenuhnya. Tentu hal ini akan sangat mengganggu dalam aktivitas kita sehari-hari.

Selain beristirahat seperti yang diperintahkan dokter, untuk mempercepat penyembuhan patah tulang juga dapat dilakukan dengan diet tertentu. Nah, berikut adalah metode diet sederhana yang bisa Anda terapkan untuk mempercepat dan sekaligus memperkuat tulang:

1. Air
Tulang terkilir dapat terjadi ketika tidak ada cukup pelumas yang menghubungkan sendi bersama. Nyatanya, kebanyakan dari kita sebenarnya mengalami dehidrasi karena hampir tidak minum cukup air sepanjang hari. Mungkin karena jadwal yang sibuk, tuntutan pekerjaan, dan lain sebagainya membuat kita tidak cukup minum air. Sayangnya, hal ini justru dapat menyebabkan sambungan tulang sendi kering dan rapuh sehingga rentan terhadap dislokasi karena tidak ada pelumas yang cukup untuk menjaga sendi berfungsi dengan baik. Minumlah air putih secara cukup, setidaknya 8 gelas sehari untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

2. Protein
Kita akan membutuhkan protein dalam diet jika ingin melindungi diri dari masalah tulang yang mungkin terjadi seperti dislokasi, terkilir, qau patah tulang. Kita tahu, protein tidak hanya mengisi perut tetapi juga dapat membantu dalam perbaikan otot yang melindungi tulang di bawahnya. Jika merasa lapar, carilah camilan kaya protein sebagai gantinya.

3. Makanan kaya kalsium dan vitamin D
Hal lain yang perlu dipertimbangkan dalam diet saat menyangkut dislokasi tulang adalah dengan mengonsumsi lebih banyak makanan kaya kalsium. Kalsium diperlukan bagi tubuh untuk melindungi terhadap melemahnya tulang yang dapat menyebabkan dislokasi atau fraktur. Susu adalah sumber kalsium yang baik serta sayuran atau makanan nabati lainnya. Jika tidak mendapatkan cukup kalsium dari makanan yang Anda makan, maka Anda dapat mengonsumsi suplemen kalsium seperti yang direkomendasikan oleh dokter.

4. Karbohidrat kompleks
Jika akan menambahkan karbohidrat dalam diet, pastikan untuk memilih karbohidrat kompleks karena ini jauh lebih baik dibandingkan dengan karbohidrat sederhana. Tidak hanya jenis karbohidrat ini yang memiliki serat makanan, manfaatnya juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan tulang yang terkilir. Biji-bijian utuh, sayuran, serta buah-buahan termasuk dalam kategori ini.

5. Buah sitrus
Makan buah-buahan yang termasuk dalam kategori sitrus atau jeruk juga baik untuk tulang yang terkilir. Ketika tulang kita terkilir, otot dan jaringan di sekitarnya dapat meradang. Kondisi ini dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh karena pada saat demikian, tubuh akan melakukan yang terbaik untuk memperbaiki masalah tersebut. Nah, dengan bantuan buah jeruk dan vitamin C yang terkandung di dalamnya, bukan hanya sistem kekebalan tubuh yanh  akan diperkuat, tetapi juga masalah tulang juga akan sembuh lebih cepat.
Loading...

Komentar Anda